Find and Follow Us

Jumat, 18 Oktober 2019 | 02:27 WIB

Serap Produksi Minyak, Ini 2 Opsi Tawaran KESDM

Oleh : Ranto Rajagukguk | Rabu, 4 September 2013 | 18:08 WIB
Serap Produksi Minyak, Ini 2 Opsi Tawaran KESDM
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Jero Wacik - (Foto:inilah.com)
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Jero Wacik memberi alternatif lain terkait produksi minyak nasional yang tidak terserap oleh kilang PT Pertamina (Persero).

Setelah sebelumnya tidak memberikan tugas tender penjualan minyak mentah kepada Satuan Kerja Khusus Pelaksana Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas), Wacki bakal memberi opsi lain. "Saya punya dua alternatif. Jika memang tidak terserap karena tidak sesuai spesifikasi kilang Pertamina ya mau tidak mau mereka perlu buat kilang yang mampu mengolahnya. Nah kalau tidak bisa mereka jual ke pasar dengan menukarnya dengan disesuaikan spesifikasi kilang," kata Wacik di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (4/9/2013).

Wacik menambahkan, dengan kedua model konsep seperti itu maka produksi minyak nasional yang telah diperoleh dari proses bagi hasil Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) dapat terserap dengan baik. "Misalnya yang menukarkan (swap) ke pasar. Jadi Pertamina bilang ke negara yang memproduksi minyak, untuk menyesuaikan dengan kebutuhan kilang." ujar Wacik.

Meski demikian, Wacik juga tidak menampik jika kedua alternatif ini bisa saja tidak berjalan. Karena itu, jika memang tidak bisa ditukar di pasar, maka jalan satu-satunya adalah dengan menggelar tender di dalam negeri untuk kemudian di ekspor."Namun nanti kami serahkan ke Pertamina dan SKK Migas bagaimana baiknya. Biar mereka bicara apakah dengan tender atau seperti apa," tuturnya. [mel]

Komentar

Embed Widget
x