Find and Follow Us

Rabu, 23 Oktober 2019 | 08:52 WIB

Omset Ritel China Tertekan Gerakan Anti Korupsi

Oleh : Wahid Ma'ruf | Kamis, 5 September 2013 | 00:19 WIB
Omset Ritel China Tertekan Gerakan Anti Korupsi
Mid-Autumn Festival - eastday.com
facebook twitter

INILAH.COM, Beijing - Penjualan ritel saat liburan Festival Mid-Autumn akan menurun dengan larangan kepada pejabat China menggunakan dana publik untuk membei kue.

"Ini pasti akan menurunkan penjualan liburan," kata analis investasi di SHK Private, Stephen Sheung.

Mid-Autumn Festival merupakan liburan terbesar kedua yang dapat mendorong penjualan di China, setelah Tahun Baru Imlek. Di China dua liburan tersebut sebanding dengan Natal dan liburan sekolah di AS.

Untuk kue yang menjadi tradisi liburan Mid-Autumn Festival terbuat dari pasta kacang merah dan telur bebek asin. Kue ini menjadi bisnis besar di China. Pada tahun 2011, belanja penduduk China mencapai 15 miliar yuan atau senilai US$2,45 miliar di liburan tersebut. Kue yang didagangkan juga mencapai 280 ribu metrik ton kue bulan yang diproduksi oleh 10.000 produsen.

Namun tahun ini sejalan dengan upaya pemberantasan korupsi, pemerintah melarang pembelian kue bulan dengan dana publik. Paket kue tersebut seperti parcel yang diperdagangkan dekat kantor pemerintah.

Upaya pemberantasan korupsi juga membatasi perdagangan makanan mahal atau mewah seperti sirip hiu dan makanan laut. Kedua jenis dagangan tersebut juga berpotensi mengalami penurunan penjualan

Komentar

x