Find and Follow Us

Sabtu, 18 Januari 2020 | 07:22 WIB

Mentan Kejar Target Swasembada Pangan 2014

Oleh : Wiyanto | Sabtu, 7 September 2013 | 00:05 WIB
Mentan Kejar Target Swasembada Pangan 2014
Menteri Pertanian, Suswono - (Foto:inilah.com)
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Menteri Pertanian, Suswono menyatakan akan mengupayakan target swasembada pangan pada 2014. Sisa waktu jabatan Suswono dioptimalkan untuk mencapai swasembada pangan.

"Tentu bagi kami, kami akan memanfaatkan dulu sisa waktu ini secara optimal dengan sumber daya yang ada. Termasuk dukungan anggaran yang ada. Kami juga berharap daerah-daerah punya semangat yang tinggi dan diharapkan peran swasta juga ikut terlibat," ujar Suswono di kantornya, Jumat (6/9/2013).

Menurut Suswono, Dewan Perwakilan rakyat (DPR) berpandangan ada fakta agak berat mencapai target swasembada. Namun Suswono akan memaksimalkan potensi yang ada sehingga walaupun tidak tercapai ada alasan untuk memberikan jawaban dengan tepat.

"Tapi Ini kan kita ingin memaksimalkan dulu potensi-potensi yang ada. Kalau nanti pada akhirnya di 2014 tidak tercapai, tentu kami akan menyampaikan alasan-alasan. Kita kasih alasan kenapa tidak tercapai, supaya bisa diperbaiki untuk target pencapaian swasembada di masa yang akan datang," ungkap Suswono.

Suswono mengatakan tidak akan mengubah target swasembada pangan pada 2014. Meskipun pada saat ini terjadi perubahan iklim yang berpengaruh pada produksi.

Target swasembada pada 2014 untuk produksi padi 76,57 juta ton, jagung 20,82 juta ton, kedelai 2,7 juta ton, gula 3,1 juta ton dan daging sapi 530 ribu juta ton. "Kita optimalkan potensi. Pada akhir tahun terwujud atau tidak, kalau tidak ada alasan yang kuat. Jelasnya kita tidak mengubah revisi," kata Suswono. [hid]

Komentar

x