Find and Follow Us

Kamis, 17 Oktober 2019 | 23:40 WIB

Ekspor Batu Bara Terancam BK China

Oleh : Ranto Rajagukguk | Rabu, 11 September 2013 | 20:41 WIB
Ekspor Batu Bara Terancam BK China
(Foto : inilah.com/Nury Sybli)
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Kebijakan Bea Masuk (BM) impor batu bara China sebesar 3% bakal mempengaruhi penetrasi ekspor komoditas itu dari produksi industri tambang nasional seiring tingginya tren ekspor ke negara tersebut.

Demikian diungkapkan, Dirjen Minerba, Kementerian ESDM, Thamrin Sihite, di Jakarta, Rabu (11/9/2013). "Ya itu jelas menggangu ekspor batu bara kita," katanya.

Thamrin mengatakan, kini China merupakan negara tujuan utama ekspor batubara Indonesia, sehingga kebijakan tersebut akan mengganggu kinerja ekpor Indonesia khususnya pada neraca perdagangan.

Karena itu, Kementerian ESDM berencana akan mengoptimalkan produksi batubara dalam negeri bagi kepentingan domestik. Salah satunya adalah dengan membuat Pembangkit Listri Tenaga Uap (PLTU) langsung di mulut tambang.

Hal lainnya adalah mengenai peningkatan kualitas batubara kalori rendah melalui teknologi sehingga mampu mengurangi pencemaran lingkungan. "Jadi pertama yang paling dilakukan itu mendorong penggunaan batubara pada PLTU kemudian upgrading batubara," katanya. [hid]

Komentar

Embed Widget
x