Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 26 Mei 2018 | 07:16 WIB
 

Apindo: Lelang Gula Rafinasi Kebijakan Sia-sia

Oleh : M Fadil Djailani | Rabu, 27 September 2017 | 14:02 WIB
Apindo: Lelang Gula Rafinasi Kebijakan Sia-sia
Ketua Umum Apindo Hariyadi Sukamdani - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) menolak kebijakan yang lelang gula rafinasi kepada industri kecil dan menengah yang dikeluarkan Kementerian Perdagangan. Kebijakan ini justru menimbulkan distorsi pasar.

"Apa yang mereka (pemerintah) inginkan. (Lelang) gula suatu kebijakan yang tidak sinkron," kata Hariyadi Sukamdani, Ketua Umum Apindo di Jakarta, Rabu (27/9/2017).

Dengan nada yang cukup tinggi dan wajah yang mengkerut tersebut, Hariyadi tidak habis pikir denganyang dipikirkan pemerintah terkait lelang gula ini. "Tujuan pemerintah justru tidak menyelesaikan masalah," katanya.

Pemilik bisnis Hotel Grand Sahid ini justru menyoroti langkah pemerintah tersebut sebagai langkah yang sia-sia untuk memperbaiki tatanan bisnis pergulaan nasional, tapi justru mendistorsi pasar.

Pertama pemerintah ingin membuat akses agar harga GKR sama untuk industri kecil dan menengah. Kedua aturan tersebut untuk memonitor transparansi peredaran gula. Dan terakhir untuk mencegah rembesan GKR ke pasar konsumen rumah tangga. "Sebenarnya tiga hal tersebut tidak terjawab dengan lelang," ujarnya. [uji]

Komentar

 
x