Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 25 Mei 2018 | 20:15 WIB
 

Sah, Tahun Depan Bunga KUR Turun Jadi 7%

Oleh : M Fadil Djailani | Jumat, 27 Oktober 2017 | 13:53 WIB
Sah, Tahun Depan Bunga KUR Turun Jadi 7%
(Foto: Inilahcom/Eusebio Chrysnamurti)

INILAHCOM, Jakarta - Untuk mendukung pembiayaan bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), Kemenko Perekonomian memutuskan untuk menurunkan suku bunga KUR tahun 2018 dari semula 9% efektif per tahun menjadi sebesar 7%.

Hal tersebut disepakati setelah Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menggelar rapat koordinasi terkait hal ini di Kantornya, Jakarta, Jumat (27/10/2017).

Hadir dalam rapat antara lain Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), Ardan Adiperdana dan perwakilan kementerian/lembaga terkait. "Bunga KUR yang baru ini akan berlaku mulai 1 Januari 2018," kata Darmin.

Darmin juga bilang dalam rapat tersebut pemerintah juga memutuskan peningkatan target porsi penyaluran KUR di sektor produksi (pertanian, perikanan, industri pengolahan, konstruksi dan jasa produksi) di tahun 2018 menjadi minimum sebesar 50% dari target total penyaluran sebesar Rp120 triliun.

Selama ini kata Darmin, UMKM sulit mendapatkan kredit/pembiayaan dari Lembaga Keuangan, mengingat sektor produksi memiliki risiko yang relatif lebih tinggi dari pada sektor perdagangan.

"Penyaluran KUR terus kita dorong ke sektor produksi, agar program kredit/pembiayaan dari pemerintah dengan suku bunga rendah ini dapat dinikmati oleh UMKM," kata Darmin. [hid]

Tags

Komentar

 
x