Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 19 Agustus 2018 | 17:15 WIB

BUMN Hadir di Kampus Disambut Ribuan Mahasiswa USU

Oleh : Iwan | Sabtu, 28 Oktober 2017 | 21:50 WIB
BUMN Hadir di Kampus Disambut Ribuan Mahasiswa USU
Direktur Bank BTN Maryono - (Foto: inilahcom/Dok)

INILAHCOM, Medan - Pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla, memberikan perhatian terhadap kalangan akademik, melalui program BUMN Hadir di Kampus. Seluruh BUMN dilibatkan dalam kegiatan ini.

Bertepatan dengan Peringatan Sumpah Pemuda ke-89, Sabtu (28/10/2017), PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk, PT Krakatau Steel (Persero) Tbk, menggelar diskusi di Universitas Sumatera Utara (USU), Medan Sumatera Utara, Sabtu (28/10/2017). Tema diskusi yang menjadi rangkaian Program BUMN Hadir di Kampus ini adalah Membangun Ekonomi Indonesia Berkeadilan,

Direktur Bank BTN Maryono bersama Dirut PT Krakatau Steel (Persero) Tbk Mas Wigrantoro, serta Staf Khusus Kementerian BUMN Sahala Lumban Gaol, didaulat sebagai dalam iskusi tersebut. Dalam kesempatan ini, Bank BTN memberikan bea siswa untuk mahasiswa USU senilai Rp225 juta.

Di depan ribuan mahasiswa USU, Maryono menyampaikan kondisi perekonomian nasional. Kalangan kampus diharapkan berperan aktif dalam pembangunan sumber daya manusia yang profesional. "BUMN itu miliknya rakyat. Termasuk mahasiswayang menjadi bagian dari masyarakat Indonesia," papar Maryono disambut tepuk tangan.

Program BUMN Hadir di Kampus ini, bertujuan untuk menyampaikan update perekonomian nasional, sekaligus mengajak perguruan tinggi melalui mahasiswanya terlibat aktif dalam mengawal peningkatan ekonomi nasional.

Untuk membangun perekonomian nasional, kata Maryono, Bank BTN berperan aktif dalam banyak bidang. Mulai pembangunan infrastruktur, transportasi, hingga sektor energi. "Era Jokowi meletakkan infrastruktur sebagai prioritas. Agar konektivitas semakin baik. Bisa menekan biaya logistik yang menaikkan daya saing produk kita.

Selain memberikan bea siswa, Bank BTN mendirikan BTN Zone di Fakultas Kedokteran, USU. Dengan BTN Zone kalangan mahasiswa yang merupakan generasi milenial bisa menikmati layanan Wifi gratis, serta berkesempatan meendalami bisnis star-up yang tengah tren. Dengan adanya BTN Zone ini, kampus bisa mendapatkan layanan finansial management, serta kemudahan dalam bertransaksi perbankan.

Sementara Stafsus Kementerian BUMN Sahala menekankan perlu terwujudnya SDM yang mumpuni. Untuk meraih keinginan tersebut, pemerintah dalam hal ini BUMN haruslah menggandeng kampus. "Kita ingin membangun SDM lebih profesional. Untuk itu perlu dukungan dari pihak kampus," papar Sahala.

Kata Sahala. visi dan mimpi BUMN dilandaskan pada misi BUMN sebagai agen pembangunan dan penciptaan nilai tambah. Ada empat hal yang ditetapkan dalam roadmap BUMN sebagai agen pembangunan yakni kemandirian, kesejahteraan, keberlanjutan, pemerataan dan kesetaraan.

"Empat program tersebut diimplementasikan dalam sinergi antar BUMN, hilirisasi dan kandungan lokal, pembangunan ekonomi daerah terpadu serta kemandirian keuangan dan penciptaan nilai," kata Sahala. [ipe]

Komentar

x