Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 23 Juli 2018 | 12:48 WIB

Pertamina Tak Berminat, KESDM Lelang 2 Blok Ini

Oleh : Uji Sukma Medianti | Minggu, 29 Oktober 2017 | 05:12 WIB
Pertamina Tak Berminat, KESDM Lelang 2 Blok Ini
(Foto: Ilustrasi)

INILAHCOM, Jakarta - Pemerintah berpikir ulang untuk menawarkan 8 Wilayah Kerja (WK)terminasi ke PT Pertamina (Persero). Pemerintah mempertimbangkan jumlah produksi migas supaya tidak anjlok.

"Pertamina tetap, cuma pemerintah melihat dari dua sisi," kata Ego Syahrial, Direktur Jenderal Minyak bumi dan Gas, Kementerian ESDM, Jum'at (28/10/2017).

Ego mengumpamakan, dari produksi minyak sebesar 800 ribu barel per hari (bph), tidak semuanya dieksploitasi oleh Pertamina, karena sebagian ada yang milik kontraktor.

"Anggaplah 600 ribu bph sekian. Konsumsi kita sudah 1,6 juta bph. Kalau kita turun juga dampaknya akan besar sekali," jelasnya.

Ego menyebut, dari 8 blok terminasi itu, kemungkinan ada dua blok yang bakal dilelang ke pihak lain yakni Blok Attaka dan Blok East Kalimantan.

"Karena memang Pertamina tidak berminat, eksisting tidak berminat. (Masih) ada enam kan berarti," jelasnya.

Sementara itu, untuk salah satu yang akan ditawarkan ke pihak lain diusulkan masuk ke blok Mahakam karena secara reservoir merupakan unitisasi untuk yang Lapangan Tengah. "Berarti ada lima (yang ditawarkan ke Pertamina)," tuturnya.

Dari lima itu, lanjut Ego, satu lapangan memang sudah dipastikan akan digarap oleh Pertamina yakni blok North Sumatra Offshore (NSO) sudah pasti. "Jadi tinggal empat. Dari empat itu ya memang kita akan lihat segala macam," tuturnya.

Ego menjelaskan, bila Pertamina sudah menyampaikan proposal terkait empat lapangan migas itu. Akan tetapi, pemerintah masih akan melihat proposal secara keseluruhan.

"(Pertamina) sudah memperlihatkan kesungguhannya, tapi kan kita juga melihat dari semua itu, yang tadi dua konsen pemerintah produksi jangan turun dan biaya produksi," ungkapnya. [hid]

Komentar

x