Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 20 Agustus 2018 | 17:57 WIB

Inilah Terobosan Bank BUMN Permudah Transaksi

Oleh : Uji Sukma Medianti | Senin, 20 November 2017 | 13:03 WIB
Inilah Terobosan Bank BUMN Permudah Transaksi
Deputi Bidang Usaha Jasa Keuangan, Jasa Survei dan Jasa Konsultasi, Kementerian BUMN, Gatot Trihargo - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Guna menghemat investasi di bidang transaksi nontunai, himpunan bank negara (Himbara) kini memiliki satu mesin Electronik Data Capture (EDC) yang bisa digunakan untuk empat kartu.

Deputi Bidang Usaha Jasa Keuangan, Jasa Survei dan Jasa Konsultasi, Kementerian BUMN, Gatot Trihargo, menuturkan, tadinya kalau belanja di tenant ada banyak mesin EDC berjejer.

Misalnya, EDC Mandiri, BNI dan BRI, sementara BTN memang tidak punya mesin EDC. Dengan adanya nota kesepahaman ini, maka mesin EDC hanya satu saja. "Kita harapkan cuma satu saja, jadi kalau pakai kartu Mandiri, EDC-nya BRI atau BNI, bisa dilakukan di 1 mesin," jelas Gatot di Kementerian BUMN Jakarta, Senin (20/11/2017).

Gatot menuturkan, pihaknya akan merealisasikan nota kesepahaman ini mulai Desember 2017 mendatang. Selain lebih mudah, hal ini juga bisa membuat investasi masing-masing bank jadi lebih efisien. "Investasi akan lebih mudah karena tidak semua bank investasi di hal yang sama, jadi untuk tiga bank hanya satu mesin EDC saja," terangnya.

Adanya kerja sama di bidang transaksi non tunai ini, disinyalir Gatot bisa memperluas jumlah EDC yang sudah tersebar untuk dialihkan ke merchant yang belum memiliki mesin EDC. "Yang pasti yg punya Mandiri 200 ribuan lebih, BRI 120 ribuan sama BNI sekitar 400 ribuan. Kalau kita saving 400 ribuan, nanti (400 ribu) akan kita sebar ke semua merchant yang belum ada EDC-nya," ujar Gatot. [hid]

Komentar

x