Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 16 Juli 2018 | 11:36 WIB
 

Karpet Merah Vendor Lokal di Industri Hulu Migas

Oleh : Uji Sukma Medianti | Kamis, 23 November 2017 | 13:40 WIB
Karpet Merah Vendor Lokal di Industri Hulu Migas
(Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) membuka ruang kompetisi terbuka bagi vendor lokal masuk industri hulu migas.

Hal itu berdasarkan pada revisi keempat Pedoman Tata Kerja (PTK) 007 tentang Pengelolaan Rantai Suplai. Kendati begitu, Kepala Divisi Pengelolaan Pengadaan Barang dan Jasa SKK Migas, Erwin Suryadi, mengingatkan pelaku bisnis di Indonesia, jangan terlena. Khususnya menyangkut syarat penggunaan tingkat kandungan dalam negeri (TKDN).

Dia meminta, penyedia barang dan jasa dalam negeri terus berbenah diri. Sehingga dapat menghasilkan produk dengan kualitas dan harga yang bersaing dengan produk impor dan memberi pelayanan optimal bagi Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS).

"Terciptanya iklim kesetaraan akan membuat industri hulu migas Indonesia menjadi lebih baik dan memberikan multiplier effect bagi para pengusaha nasional dan lokal," ujar Erwin di Jakarta, Kamis (23/11/2017).

Sebelumnya, SKK Migas bersama Kontraktor KKS yang beroperasi di wilayah Kalimantan dan Sulawesi mengadakan workshop di Balikpapan pada 20-21 November 2017.

Dalam workshop itu, KKKS didorong untuk melibatkan Usaha Kecil Menengah (UKM) daerah untuk menunjang kegiatan operasi hulu migas. Misalnya saja, PT Pertamina EP, PT Pertamina Hulu Mahakam, Vico Indonesia, dan Eni Muara Bakau yang memiliki wilayah operasi di Kalimantan dan Sulawesi.

Adanya Workshop itu, memberikan pemahaman pelaku pengadaan barang dan jasa di Kontraktor KKS maupun penyedia barang dan jasa selaku mitra kerja. "PT Pertamina EP terus mendorong keterlibatan UKM daerah dalam menunjang kegiatan operasi di wilayah kerjanya," kata Bethy Handayaningrum, Vice President Supply Chain Management (SCM), PT Pertamina EP, dalam kesempatan yang sama. [ipe]

Komentar

x