Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 20 April 2018 | 04:09 WIB
 

Digarap Pertamina, SKK Migas Jamin Mahakam Aman

Oleh : Uji Sukma Medianti | Kamis, 23 November 2017 | 14:38 WIB
Digarap Pertamina, SKK Migas Jamin Mahakam Aman
(Foto: Ilustrasi)

INILAHCOM, Jakarta - Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) menyebut, contract mirroring Blok Mahakam bisa menjamin kelangsungan operasional di lapangan.

Sekedar informasi, saat ini, operator Blok Mahakam yakni Total E&P Indonesie bakal habis kontrak pada 31 Desember 2017. Sebelum diambil alih Pertamina Hulu Mahakam yang merupakan anak usaha PT Pertamina (Persero), SKK Migas menginisiasi adanya kebijakan contrack mirroring.

Kebijakannya mencakup lebih dari 500 kontrak, diharapkan bisa memberikan kepastian kesinambungan operasi dalam rangka pengalihan operasional WK Mahakam dari Total E&P Indonesie kepada PT Pertamina Hulu Mahakam.

"Kebijakan ini ditempuh untuk menjaga produksi dari Blok Mahakam yang berkontribusi 22 persen terhadap produksi gas nasional," terang Erwin Suryadi, Kepala Divisi Pengelolaan Pengadaan Barang dan Jasa SKK Migas, di Jakarta, Kamis (23/11/2017).

Kebijakan contract mirroring ini akan dimulai semenjak 1 Januari 2018 dan berlaku selama satu tahun. Dengan mekanisme Contract Mirroring ini para vendor dapat tetap beraktivitas seperti biasa karena kepastian telah memperoleh kepastian kontrak.

Beberapa kontrak yang vital untuk menjamin kelangsungan operasional di lapangan diantaranya adalah terkait kontrak sumber daya manusia yang melibatkan hampir 2.000 karyawan yang bekerja sehari-hari di Blok Mahakam tersebut.

Selain itu, kontrak-kontrak kapal, rig dan penunjang operasi lainnya turut menjadi bagian. "Secara keseluruhan, nilai kontrak yang tercakup dalam masa transisi ini mencapai lebih dari US$1,5 miliar," kata Erwin. [ipe]

Komentar

 
x