Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 21 Agustus 2018 | 05:41 WIB

PLN Disjaya Amankan Pasokan Listrik di Musim Hujan

Oleh : Uji Sukma Medianti | Jumat, 8 Desember 2017 | 16:09 WIB
PLN Disjaya Amankan Pasokan Listrik di Musim Hujan
(Foto: Inilahcom/Uji)

INILAHCOM, Jakarta - Tingginya intensitas hujan masih akan terjadi pada periode Desember hingga Februari, sehingga memicu banjir di wilayah Indonesia dilanda banjir.

PLN Distribusi Jaya (Disjaya) melakukan beberapa upaya guna mengantisipasi banjir yang terjadi di wilayah Jabodetabek. "Hampir semua daerah musim hujan, kita baca di media Pacitan banjir, Jawa Tengah, lalu ada beberapa daerah lain. Lalu ada banjir rob di Jakarta Utara," jelas M. Ikhsan Asaad, General Manajer PLN Disjaya di Jakarta, Jumat (8/12/2017).

Dia mengatakan, karena ada banjir rob, PLN Disjaya memadamkan beberapa gardu karena air rob itu sudah menggenangi rumah warga.

Ikhsan menuturkan, pihaknya akan meninggikan gardu di setiap kawasan dan pemukiman. "Itu gardu distribusi yang ditinggikan," jelasnya.

Saat ini jumlah gardu distribusi atau instalasi milik PLN yang hendak ditinggikan di wilayah Jabodetabek jumlahnya ada 17.000 gardu. "Gardu distribusi ini (gunanya) buat aliran sistem Jawa-Bali ke rumah rumah penduduk. 17 ribu gardu kita," ujarnya.

Untuk tahun 2017, ada 113 instalasi PLN yang ditinggikan. Selain itu, PLN juga akan melakukan inspeksi secara periodik untuk jaringan tegangan rendah. "Jaringan tegangan rendah itu juga kita selalu inspeksi, yang rendah itu masih diatas. Tahun depan jaringan tegangan rendah mau kita tanahkan," jelasnya.

Dia menerangkan, jaringan tegangan listrik terbagi tiga, ada 2.000 Volt, dan seterusnya. Tapi rata-rata jaringan yang ada di Jakarta adalah tegangan tinggi dan sedang. "Itu ada di bawah tanah, yang rendah itu masih diatas. Semrawut kan kabel di Jakarta tapi kabel-kabel itu gak semua kabel PLN, ada juga kabel internet dan telematika itu," tuturnya. [hid]

Komentar

x