Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 23 Juli 2018 | 13:03 WIB

Desa Terisolir di Jombang Bebas Era 'Kegelapan'

Oleh : - | Selasa, 12 Desember 2017 | 07:29 WIB
Desa Terisolir di Jombang Bebas Era 'Kegelapan'
General Manager PLN Distribusi Jawa Timur,Dwi Kusnanto - (Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Surabaya - PT PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur mulai melistriki Dusun Kedung Dendeng, Desa Jipurapah, Kecamatan Plandaan, atau desa terpencil di Kabupaten Jombang, yang baru tersentuh listrik.

"Kami harap, ikhtiar PLN Jatim dan dibantu TNI di Desa Jipurapah membawa kebaikan, hingga dapat dimanfaatkan dengan baik masyarakat setempat untuk meningkatkan taraf kehidupan ekonomi," kata General Manager PLN Distribusi Jawa Timur,Dwi Kusnanto ketika dikonfirmasi di Surabaya, Jawa Timur, Senin (11/12/2017).

Dwi mengaku, untuk mencapai Desa Jipurapah Tim PLN Jatim dibantu TNI harus menaiki jalan setapak dengan kemiringan yang membuat jantung berdebar saat perjalanan, karena ruas jalan yang sempit, berbatuan dan menanjak.

"Untuk menuju ke desa dengan total 205 pelanggan dibutuhkan perjalanan 1 jam menggunakan sepeda motor. Kemudian PLN memasang Jaringan Tegangan Menengah (JTM) sepanjang 9.990 kilometer sirkit (kms), Jaringan Tegangan Rendah (JTR) sepanjang 3.852 Kms dan 3 trafo," kata Dwi.

Jipurapah, kata Dwi, dapat dikatakan desa dengan kondisi yang ekstrem di Jombang yang berhasil dialiri jaringan listrik PLN dan mulai dioperasikan pada hari ini.

Dwi mengatakan, PLN akan terus berupaya keras untuk dapat melistriki daerah terpencil dan terisolir, seperti yang berada di daerah dengan medan yang berat.

"Keberhasilan PLN Distribusi Jatim melistriki daerah terpelosok dan terisolir bukan saja akan berdampak pada peningkatan Rasio Elektrifikasi di Provinsi Jawa Timur, melainkan yang lebih penting lagi ketersediaan listrik dipastikan akan membawa perubahan yang mendasar pada kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat," katanya.

Dwi berharap, adanya listrik di pelosok ini akan jadi wujud nyata dari listrik yang berkeadilan dan bisa dirasakan oleh semua masyarakat. [tar]

Komentar

Embed Widget

x