Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 25 Mei 2018 | 19:44 WIB
 

Tolak Lelang Gula Rafinasi, Apindo Buat Kajian

Oleh : Uji Sukma Medianti | Selasa, 19 Desember 2017 | 14:00 WIB
Tolak Lelang Gula Rafinasi, Apindo Buat Kajian
(Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) akan membuat kajian dengan akademisi untuk membedah beleid pemerintah tentang lelang Gula Rafinasi.

"Kami tidak sekedar menyampaikan keberatan tetapi kami akan melakukan studi dibantu dengan rekan yang memiliki kompetensi untuk menyampaikan," jelas Hariyadi Sukamdani, Ketua Umum Apindo di Jakarta, Selasa (19/12/2017).

Dia mengatakan pihaknya akan menggaet Ekonom Universitas Gajah Mada (UGM), Tony Prasetiantono dengan kajian dilakukan secara menyeluruh.

Hariyadi beralasan, dirinya kekeh untuk menolak lelang gula rafinasi lantaran proses itu akan menimbulkan inefisiensi. "Artinya yang kita sampaikan permasalahan gula tidak semata-mata selesai dengan lelang gula rafinasi tetapi adanya lelang gula rafinasi pada akhirnya akan merugikan pelaku usaha makanan dan minuman juga masyarakat," terang dia.

Kementerian Perdagangan (Kemendag) memutuskan menunda lelang gula rafinasi yang sediannya mulai dilakukan pada 1 Oktober 2017. Selanjutnya, lelang ditargetkan bisa dibuka kembali pada Januari 2018.

Dengan penundaan pelaksanaan lelang secara online hingga awal tahun depan, skema tata niaga gula rafinasi tetap seperti sebelumnya, yakni dengan kontrak pembelian langsung dari pengguna ke pabrik gula. [hid]

Komentar

 
x