Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 23 Juli 2018 | 13:02 WIB

Menkeu Minta Inalum Tak Bebani APBN Beli Freeport

Oleh : Uji Sukma Medianti | Jumat, 12 Januari 2018 | 16:32 WIB
Menkeu Minta Inalum Tak Bebani APBN Beli Freeport
Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati - (Foto: inilahcom/Didik S)

INILAHCOM, Jakarta - Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati meminta induk holding BUMN industri pertambangan, PT Indonesia Asahan Alumunium (Inalum) untuk terus bekerja supaya proses divestasi saham Freeport sebesar 51% bisa segera terealisasi dan tidak membebani APBN dan APBD.

"Kepada Inalum saya minta terus bekerja terhadap proses divestasi," terang Sri Mulyani di Kementerian Keuangan Jakarta, Jum'at (12/12/2018).

Sri Mulyani bilang, saat ini pemerintah dan Freeport Indonesia terus membahas tentang empat paket perjanjian mengenai izin usaha dan status perpanjangan kontrak.

Dia bilang, keseluruhan paket perjanjian ini hendaknya dilakukan secara profesional, penuh integritas dan menjaga prinsip-prinsip Good Corporate Governance (GCG) sehingga bisa dipertanggungjawabkan ke publik dan di masa-masa yang akan datang.

Selain itu juga, tujuan daripada dialihkannya saham Freeport kepada korporasi yang dalam hal ini PT Inalum adalah supaya tidak membebani APBN dan APBD.

"Pengambilalihan (saham) ini akan dilakukan melalui korporasi sehingga tidak membebani APBN dan APBD. Serta menjadi manfaat dari industri pertambangan," jelasnya.

Sri Mulyani juga berharap dengan divestasi saham ini, Inalum bisa meningkatkan kinerja Freeport yang pada akhirnya akan memberi manfaat sebesar-besarnya kepada masyarakat di Papua dan seluruh masyarakat Indonesia. [hid]

Komentar

Embed Widget

x