Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 18 Agustus 2018 | 19:40 WIB

Menkeu Harap Pilkada Aman Bagi Investasi

Oleh : M Fadil Djailani | Minggu, 14 Januari 2018 | 05:48 WIB
Menkeu Harap Pilkada Aman Bagi Investasi
Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Pemerintah terus menggenjot laju investasi, baik yang datang dari dalam negeri maupun yang datang dari luar negeri, guna mengakselerasi target pertumbuhan ekonomi di tahun politik ini.

Dinamika politik yang panas diharapkan tidak mengganggu arus investasi yang masuk.

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati pun percaya diri bahwa pemerintah bakal meraup dana imvestasi yang cukup besar meski di tahun politik. "Fokus pemerintah terus merealisasi rencana investasi-investasi dari aplikasi investasi atau bahkan proposal investasi yang selama ini sudah ada, namun belum tereksekusi," kata Sri Mulyani di Gedung Perpustakaan Nasional Jakarta, Kamis (11/1/2017).

Sri Mulyani pun optimistis terkereknya laju investasi akan membawa dampak signifikan terhadap indikator makro ekonomi secara umum, tak terkecuali dengan isu daya beli masyarakat yang sedang lesu.

Dia pun mengutip data per November 2017 yang tercermin dari Indeks Penjualan Riil (IPR) yang sebesar 206,7 atau bertumbuh 2,5% atau lebih baik dibandingkan Oktober 2017 sebesar 2,2%.

"Retail is one thing, karena konsumsi masyarkat tidak hanya ter-capture dari indeks ritel itu. Tetapi, juga dari komponen yang lain," kata mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini.

Namun demikian, kata wanita kelahiran Bandar Lampung 55 tahun silam ini, pemerintah akan terus memantau dan memanfaatkan tren pemulihan ekonomi dalam negeri. "Momentum pemulihan ekonomi akan kami jaga dan akan diakselerasi," imbuhnya.

Dia menambahkan, sejalan dengan upaya mendorong pertumbuhan investasi, pemerintah tetap akan menjaga daya beli kelompok masyarakat menengah ke bawah melalui program-program berbasis kesejahteraan.

"Program pemerintah untuk membantu kelompok menengah ke bawah itu bisa direalisir, maka daya beli masyarakat juga terus terjaga," katanya. [hid]

Komentar

x