Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 26 Mei 2018 | 17:07 WIB
 

Menteri LHK: Sekjen, Pengawal Sesungguhnya Negara

Oleh : - | Minggu, 14 Januari 2018 | 15:11 WIB
Menteri LHK: Sekjen, Pengawal Sesungguhnya Negara
(Foto: KLHK)

INILAHCOM, Jakarta - Tugas Sekretaris Jenderal sebagai birokrat tertinggi di kementerian dan lembaba (K/L) tugasnya sangat berat tetapi menjadi sangat mulia, karena justru pengawal yang sesungguhnya dari keberlangsungan negara.

"Mereka adalah para Sekretaris Menko, Sekjen, Sestama dll," ujar Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya pada pertemuan rutin Forum Sekretaris Kementerian Koordinator (Sesmenko), Sekretaris Jenderal (Sekjen), Sekretaris Utama (Sestama), Sekretaris Menteri Kementerian/Lembaga, Kepala Staf Umum TNI, Asisten Perencanaan (Asrena) TNI AD, Asrena TNI AL, Asrena TNI AU dan Asrena Polri, di Gedung Manggala Wanabakti Kementerian LHK, Jumat malam (12/1/2018).

Menteri Siti menjelaskan, tugas Sekjen sebagai birokrat tertinggi di K/L tugasnya sangat berat tetapi menjadi sangat mulia, karena justru pengawal yang sesungguhnya dari keberlangsungan negara adalah para Sekretaris Menko, Sekjen, Sestama dan sebagainya.

Peran penting yang lain adalah tidak mudah yaitu bagaimana mengartikulasikan hal-hal yang sedang terjadi sekarang, seperti politik Pilkada. "Yang perlu dijaga oleh para Sekjen adalah dinamika diinternal K/L, karena kebebasan dalam beraktualisasi politiknya, sehingga perlu dijaga gejolak internalnya," ujar Menteri LHK.

Ia mengatakan, para Sekretaris Jenderal, Sekretaris Utama, Sekretaris Menteri Kementerian/ Lembaga, Kepala Staf Umum TNI, Asisten Perencanaan (Asrena) TNI AD, Asrena TNI AL, Asrena TNI AU dan Asrena POLRI adalah top figure dari birokrat yang di Eselon I posisinya Primus interfares atau di atas dari yang sama. Karena sekretaris-sekretaris adalah sumber resources, sumber yang mengatur personil, sumber yang mengatur anggaran dan sumber kebijakan.

"Sekretaris Jenderal melekatnya kepada Menteri/ Kepala Staf Angkatan karena fungsi pelayanan, dan kadang-kadang harus mengisi aktivitasnya Direktur Jenderal atau kedeputian di K/L" tambah Siti Nurbaya yang pernah menjadi Ketua Forum Sekjen saat menjadi Sekretaris Jenderal Departemen Dalam Negeri.

Acara diakhiri dengan penyerahan Gunungan dari Sekjen Kementerian LHK kepada Ketua Forses, Ukus Kuswara dan Gunungan diserahkan lagi kepada Sestama Badan SAR Nasional, Dadang Arkuni yang akan menjadi tuan rumah acara silaturahmi berikutnya, foto bersama dan ramah tamah.[*]

Komentar

 
x