Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 18 Agustus 2018 | 04:07 WIB

Bea Cukai & BNN Sulut Ungkap Biji Ganja Selundupan

Oleh : - | Rabu, 17 Januari 2018 | 17:15 WIB
Bea Cukai & BNN Sulut Ungkap Biji Ganja Selundupan
(Foto: BeaCukai/dok)

INILAHCOM, Manado - Petugas Bea Cukai Manado di Kantor Pos Lalu Bea menemukan paket kiriman mencurigakan asal Inggris. Setelah diteliti, paket ini berisi sembilan plastik bening dengan 12 biji bibit ganja, yang digolongkan sebagai Narkotika Golongan I.

"Paket ini ditujukan kepada seorang pria yang kemudian ditetapkan statusnya sebagai tersangka, dengan inisial MA yang bertempat tinggal di Kota Gorontalo. Kami berkoordinasi dengan BNNP Sulut dan petugas kantor pos, kemudian bersepakat untuk membiarkan paket ini sampai kepada alamat yang dituju agar tidak menimbulkan kecurigaan penerima," jelas Kepala Kantor Bea Cukai Manado, Nyoman Adhi Suryadnyana, kemarin.

Setelah paket diterima MA, keesokan harinya, lanjut Nyoman, tim langsung menangkap tersangka, melakukan interogasi awal, dilanjutkan penggeledahan serta mengamankan TKP dan barang bukti.

Tersangka dikenakan Pasal 111 ayat (1) dan Pasal 127 ayat (1) huruf a UU Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman pidana penjara paling singkat 4 (empat) tahun dan paling lama 12 (dua belas) tahun dan pidana denda paling sedikit Rp800 juta dan paling banyak Rp8 miliar.

"Kantor Bea Cukai Manado sebagai kantor pengawasan dan pelayanan yang memiliki wilayah pengawasan di beberapa daerah Sulawesi Utara, Kantor Pos Lalu Bea, Bandara Internasional Sam Ratulangi, dan beberapa pulau terluar di utara perbatasan Indonesia, akan terus berusaha meningkatkan kualitas dalam melindungi rakyat dari masuk maupun beredarnya berbagai jenis bahan berbahaya yang masuk ke daerah pabean Indonesia seperti narkoba, psikotropika, dan obat-obatan terlarang lainnya untuk memenuhi fungsi Direktorat Jenderal Bea dan Cukai sebagai community protector," ujar Nyoman. [*]

Komentar

x