Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 22 Februari 2018 | 20:08 WIB
 

BC Maluku Fasilitasi Ekspor Perdana Ikan Tuna

Oleh : - | Kamis, 18 Januari 2018 | 14:11 WIB
BC Maluku Fasilitasi Ekspor Perdana Ikan Tuna
(Foto: BeaCukai/dok)

INILAHCOM, Ambon - Bandara Pattimura Ambon menjadi saksi kegiatan ekspor langsung (direct export) pertama kali dari wilayah Maluku tujuan Australia sesuai dengan dokumen ekspor yang diterbitkan kantor Bea Cukai (BC) Ambon.

"Kegiatan direct export ini merupakan hasil dari proses yang begitu panjang. Kami menjalin kerja sama, koordinasi dan sinergi, serta rapat berkelanjutan dengan instansi dan Kementerian/Lembaga terkait, pengelola bandara, dan pihak maskapai terkait di wilayah Maluku," ujar Kepala Kantor Wilayah Bea Cukai Maluku Finari Manan, di Ambon, Selasa (16/1/2018).

Finari Manan memimpin langsung kegiatan uji coba ekspor ikan tuna segar sirip kuning (yellowfin) oleh PT Harta Samudra. Perusahaan eksportir ini bergerak dalam pengolahan ikan nasional yang melibatkan nelayan tuna di wilayah Maluku yang menggunakan alat tangkap pancing ulur (handline) dan telah mempunyai sertifikat eco label serta sertifikasi fair trade.

"Ekspor dari Maluku selama ini selalu dilakukan dari Surabaya atau Jakarta, sehingga dengan adanya kegiatan ekspor langsung ini, diharapkan dapat menimbulkan multiplier effect, seperti menurunkan ekonomi berbiaya tinggi, efisiensi waktu, serta meningkatkan daya saing industri sehingga dapat menunjang peningkatan pertumbuhan ekonomi di wilayah Maluku," jelas Finari.

Dalam uji coba ekspor ini, proses yang dimulai dari barang siap ekspor, packaging, karantina, clearance, sampai dengan loading ke sarana pengangkut hanya memerlukan waktu 1 Jam 23 menit. Bea Cukai, Pemprov Maluku, Garuda Indonesia, Karantina, Angkasa Pura II, Lanud Pattimura beserta seluruh instansi terkait berkomitmen penuh untuk mendukung kegiatan direct export dari Ambon dan wilayah Maluku lainnya. [*]

Komentar

 
x