Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 24 Mei 2018 | 17:18 WIB
 

KEK Bengkulu, Pelindo II Benahi Pelabuhan Baai

Oleh : Uji Sukma Medianti | Minggu, 21 Januari 2018 | 13:55 WIB
KEK Bengkulu, Pelindo II Benahi Pelabuhan Baai
Menteri Koordiantor Bidang Perekonomian, Darmin Nasution - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Menteri Koordiantor Bidang Perekonomian, Darmin Nasution menjadikan Pelabuhan Pulau Baai, Bengkulu sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) pada Jumat (19/1/2018).

Di hadapan Sekretaris Dewan Nasional KEK Enoh Suharto Pranoto, Kepala Bagian Perencanaan dan Kerjasama Mardi Santoso dan Kepala Bagian Hukum dan Umum Paulus Ryanto, Plt. Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah dengan didampingi GM PT. Pelindo II (persero) Cabang Bengkulu Drajat Sulistyo, menyakinkan kepada Dewan KEK bahwa Pelabuhan Pulau Baai dapat menjadi penggerak perekonomian koridor barat dan mampu meningkatkan perekonomian Provinsi Bengkulu.

Plt Gubernur Bengkulu, dalam pertemuan yang juga di hadiri oleh Kepala Dinas Perhubungan Budi Jatmiko, Kepala BPPT Noni Yulesti, Kepala Dinas BPMTS Hendri Purwantrisno dan Karo Pembangunan Taufik Adun, itu mengungkapkan, bahwa pengembangan kawasan ekonomi khusus di Bengkulu bukan hanya berimplikasi pada peningkatan pertumbuhan ekonomi. Tapi juga akan menjadi titik strategis bagi perekonomian Indonesia koridor Barat.

Plt Gubernur Bengkulu, bersama GM Pelindo II cabang Bengkulu, telah secara simultan melakukan kajian terhadap program strategis yang akan segera dimulai dari kawasan Pelabuhan Pulau Baai.

"Kawasan ekonomi khusus ini akan menjadi pemicu pertumbuhan perekonomian regional, melalui pengembangan Pelabuhan Pulau Baai," kata Rohidin Mersyah, Plt Gubernur Bengkulu, dalam keterangan resmi, Minggu (21/1/2018).

Rencana pengembangan Pelabuhan Pulau Baai sebagai penggerak perekonomian Indonesia koridor barat, sebagai kawasan industri telah mulai. Dengan melakukan peresmian pembangunan Terminal Curah Cair untuk CPO, dimana komoditas ini menjadi salah satu unggulan di Bengkulu.

Selain pembangunan Terminal Curah cair untk CPO, akan dibangun juga Terminal Curah Kering dan lahan Karantina Hewan di kawan tersebut.

Sebagai perusahaan yang memegang peranan penting dalam industri kepelabuhanan, PT Pelindo II (Persero) Cabang Bengkulu sangat fokus dan siap untuk menjadi salah satu pihak utama dalam kemajuan dan perkembangan ekonomi di Provinsi Bengkulu.

Ditambah lagi, berbagai pengalaman menunjukkan bahwa industri Kepelabuhanan memegang peranan penting dalam perkembangan dan kemajuan dari suatu daerah.

"Melalui pengembangan yang dilakukan PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) Cabang Bengkulu dengan menjadikan Pelabuhan pulau Baai sebagai Kawasan Ekonomi Khusus diharapkan mampu mendukung kemajuan di Provinsi Bengkulu," tegas Drajat Sulistyo, GM Pelindo II dalam kesempatan yang sama.

Dengan demikian, situasi ini akan mendukung kemajuan serta peningkatan perekonomian di Provinsi Bengkulu. Terminal curah cair, Terminal curah kering dan Karantina heqan merupakan satu langkah penting bagi tumbuhnya trend positif roda perekonomian di Provinsi Bengkulu. [jin]

Komentar

 
x