Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 19 September 2018 | 20:52 WIB

Dua Venue Asian Games 2018 Rampung Digarap PUPR

Senin, 22 Januari 2018 | 09:38 WIB

Berita Terkait

Dua Venue Asian Games 2018 Rampung Digarap PUPR
(Foto: istimewa)

INILAHCOM, Palembang - Dua arena pertandingan atau venue, Asian Games 2018 yakni lapangan tembak dan dayung yang digarap Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) di Jakabaring Sport Center Palembang, Sumatera Selatan, rampung. Alhamdulillah.

Staf Satuan Kerja Penataan Bangunan Dan Lingkungan Strategis (PLBS) Kementerian PUPR, Tatang Kartiwan dalam kunjungannya ke Jakabaring Sport Center Palembang, Minggu (21/1/2018), mengatakan, khusus untuk lapangan tembak, kementerian melakukan renovasi dan pembangunan arena baru serta penataan kawasan.

"Infrastruktur bangunan sudah beres, hanya kawasannya yang belum . Seperti pengerjaan rumput, juga area parkir. Sekarang masih lelang. Kami optimis, Februari sudah mulai. Sehingga bisa beres Juni 2018," kata Tatang.

Tatang menjelaskan, pembangunan dan renovasi lapangan tembak dikerjakan 1 Desember 2016 hingga 20 Desember 2017. Diantaranya berupa renovasi bangunan induk, renovasi dan perluasan lapangan tembak, serta renovasi dan perluasan final hall, dan lapangan tembak Skeet & Trap.

Penataan kawasan yang meliputi pekerjaan jalan dan pelataran parkir, drainase, pagar keliling kawasan, pos jaga, gardu listrik, elektrikal dan mekanikal dan pekerjaan lansekap masih akan dikerjakan sesuai target rampung pada Juni?2018.

Luas kawasan lapangan tembak itu tadinya sekitar lima hektare diperluas hingga mencapai 9 hektar dengan biaya renovasi dan pembangunan hingga Rp83 miliar dengan APBN 2016-2017. "Jadi ini direnovasi untuk memenuhi standar internasional untuk Asian Games. Sebelumnya masih berstandar nasional," kata Tatang.

Sementara itu, arena dayung juga dinyatakan telah rampung dikerjakan. "Danau kami perluas dari 48 hektar dengan panjang 1,2 kilometer menjadi 68,8 hektar sepanjang 2,2 kilometer," papar Pejabat Pembuat Keputusan (PPK) Danau Situ dan Embung Jakabaring Kementerian PUPR, Deny Ferdian. "Ini diubah agar sesuai standar internasional. Lebarnya 200 meter dan kedalamannya sekitar 5 hingga 6 meter," kata Deny.

Deny menambahkan, mesti telah rampung, saat ini, pembangunan venue dayung memasuki tahap perapihan dan pemeliharaan setelah 10 bulan pengerjaan danau.

Sedangkan pembangunan venue dayung untuk tribun berkapasitas 2.500 penonton, finish tower, pontoon, building rowing tank, building ergometer dan boat house, telah rampung. "Tinggal proses pemeliharaan saja selama satu tahun ke depan," kata Project Manager Infrastruktur Danau Dayung Jakabaring, Wieldy Tamsin.

Pembangunan venue dayung dimulai 7 Desember 2017 hingga 30 Desember 2017, menghabiskan dana hingga Rp148 miliar dengan APBN 2016-2017. Renovasi dan pembangunan venue dayung dan lapangan tembak menggunakan kontraktor yang sama, yaitu PT Nindya Karya (Persero). [tar]

Komentar

Embed Widget
x