Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 19 Agustus 2018 | 17:15 WIB

Rapat Inflasi, Pemerintah Pede Capai Target

Oleh : M Fadil Djailani | Senin, 22 Januari 2018 | 14:54 WIB
Rapat Inflasi, Pemerintah Pede Capai Target
(Foto: Inilahcom/Fadil Djaelani)

INILAHCOM, Jakarta - Tim Pengendali Inflasi Pusat (TPIP) menggelar rapat terbatas terkait target inflasi 2018 sebesar 3,5%, Senin (22/1/2018).

Rapat yang digelar di gedung Bank Indonesia (BI), Jakarta, Senin (22/1/2018), dimulai pukul 09:00 WIB, baru rampung sekitar pukul 11:30 WIB. Hadir dalam rapat tersebut tuan rumah Gubernur BI Agus Martowardojo, Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo dan sejumlah pejabat lainnya.

"Jadi kita memang melihat bahwa Indonesia sebetulnya secara umum arah inflasinya menurun dari tahun ke tahun dan kita ingin supaya inflasi kita tidak jauh dari negara-negara," kata Darmin usai rapat.

Darmin bilang, saat ini, pemerintah memiliki target laju inflasi yang ambisius sampai dengan 2020. Angkanya 3% plus-minus 1%. Atas target ini, Darmin pun sangat optimistis. "Mulai 2020 dia kan menjadi 3% plus minus 1%," katanya.

Menurut mantan Gubernur BI dan Direktur Jenderal Pajak ini, pertemuan awal TPIP juga sebagai modal awal berkoordinasi dengan para daerah yang di bawah Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) untuk merealisasikan target nasional.

Meski demikian, pertemuan TPIP yang pertama kali di 2018 ini belum membahas tingkat inflasi daerah yang sepanjang tahun lalu masih tinggi. "Kita belum membahas itu, nanti akan ada acara untuk itu kira-kira bulan Juli mungkin. Baru undang daerah di mana biasanya kan ada acara nasional. Jadi kita belum membahas secara detail urusan substansi," kata Darmin. [ipe]

Komentar

x