Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 24 Juni 2018 | 00:22 WIB
 

Perbankan Akui Bisnis Fintech Miliki Risiko

Oleh : M Fadil Djailani | Kamis, 25 Januari 2018 | 15:20 WIB
Perbankan Akui Bisnis Fintech Miliki Risiko
(Foto: ilustrasi)

INILAHCOM, Jakarta - Keberadaan fintech (financial technology) yang menjamur dalam beberapa tahun terakhir ini tidak boleh dianggap enteng oleh pihak perbankan. Pasalnya, jika tidak disikapi dengan baik fintech-fintech tersebut bisa menjadi virus yang mematikan bagi perbankan.

Direktur Strategi Bisnis dan Keuangan Bank Rakyat Indonesia (BRI), Haru Koesmahargyo tak mau gegabah dengan soal ini, pasalnya perusahaannya tak mau anggap sepele soal fintech. "Persaingan saat ini tidak hanya dari sektor perbankan tetap juga ada dari sektor lain yakni fintech," kata Haru di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI) Jakarta, Kamis (25/1/2018).

Dari riset kecil-kecilan yang dilakukan internal BRI, Haru menyebutkan pesaing utama dalam hal keuangan saat ini adalah bisnis fintech, bukan dari sesama para pelaku bisnis perbankan. "Bukan dari pemain bank lain, tetapi karena pemain dari industri lain, dan fintech diurutan nomer satu. Dan saya rasa sudah ada dinamika persaiangan yang bergesar," katanya.

Jadi kata dia saat ini bisnis perbankan tidak hanya disaingi oleh bank-bank, tetapi juga dengan industri yang lain salah satunya fintech. "Fintech saat ini tumbuh sangat deras sekali tumbuh dengan cepat, kami dari industri perbankan sudah mulai merasakan dampaknya, walaupun belum menjadi ancaman yang signifikan," kata Haru.

Saat ini, perkembangan teknologi yang begitu pesat mendorong hadirnya perusahaan rintisan (startup). Data menunjukkan pada tahun 2016, Indonesia tercatat sebagai negara dengan jumlah startup terbanyak di Asia Tenggara, yakni sekitar 2.000.

Pada tahun 2020, diperkirakan jumlah startup di Indonesia akan meningkat menjadi 13.000. Salah satu sektor bisnis yang juga berkembang dalam industri startup adalah layanan keuangan berbasis teknologi (fintech). [hid]

Komentar

 
Embed Widget

x