Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 19 Juni 2018 | 04:11 WIB
 

Bea Cukai Ngurah Rai Musnahkan Barang Ilegal

Oleh : - | Jumat, 26 Januari 2018 | 16:44 WIB
Bea Cukai Ngurah Rai Musnahkan Barang Ilegal
(Foto: beacukai)

Badung (24/01/2018) Bea Cukai Ngurah Rai mengawali tahun 2018 dengan melakukan pemusnahan terhadap 252 item Barang Milik Negara (BMN) yang merupakan Aset Eks Kepabeanan dan Cukai. Pemusnahan terhadap barang dengan perkiraan nilai total mencapai Rp110.470.00,00 ini dilakukan pada Rabu (24/1/2018).

"Pemusnahan ini kita lakukan sebagai tindak lanjut terhadap Barang Tidak Dikuasasi (BTD) yang kewajiban pabeannya tidak diselesaikan sampai dengan batas waktu yang ditentukan dan barang-barang hasil tegahan petugas kami selama tahun 2017," ungkap Plh Kepala Kantor Bea Cukai Ngurah Rai, Bagus Putu Ari Sudana.

Ia melanjutkan, penegahan dilakukan pejabat Bea Cukai karena telah melanggar Undang-Undang Kepabeanan dan/atau Undang-Undang Cukai, pemilik barang tidak menyelesaikan kewajiban kepabeanan atau tidak dapat memenuhi ketentuan larangan dan/atau pembatasan dari instansi terkait.

"Dari 252 item BMN yang kita musnahkan, 239 di antaranya merupakan barang larangan dan pembatasan (lartas). Hal ini menunjukkan masih kurangnya pengetahuan masyarakat mengenai barang lartas yang pemasukannya membutuhkan izin-izin tertentu dari instansi terkait," ungkapnya.

Barang yang dimusnahkan antara lain berupa alat kesehatan, Barang Kena Cukai (BKC), sarang burung walet, barang bekas, barang elektronik, kosmetik, obat-obatan dan suplemen, produk hewani, bibit tanaman, senjata, sex toys, kondom, sparepart, dan barang-barang terkena penegahan lainnya. [*]

Komentar

 
x