Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 17 Agustus 2018 | 06:57 WIB

Beras Minahasa Tenggara Berlebih 3 Ribu Ton

Oleh : - | Sabtu, 27 Januari 2018 | 01:29 WIB
Beras Minahasa Tenggara Berlebih 3 Ribu Ton
(Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Minahasa - Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kabupaten Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara, memrediksi produksi beras di tahun ini bakalan berlebih alias surplus hingga 3.000 ton.

"Kami perkirakan dari target produksi beras tahun ini sekitar 16.000 ton, akan ada surplus kurang lebih 3.000 ton," kata Kepala BKP Kabupaten Minahasa Tenggara, Muchtar Wantasen di Ratahan, Jumat (26/1/2018).

Lebih lanjut, kata Muchtar, surplus beras tersebut dapat terealisasi, karena stabilnya produksi di Kabupaten Minahasa Tenggara. "Kami perkirakan juga tahun ini produksi beras tetap akan stabil, karena tidak ada pengaruh cuaca ekstrem yang mengganggu produksi," ujarnya.

Selain itu jumlah konsumsi beras masyarakat di Kabupaten Minahasa Tenggara masih lebih rendah dari jumlah produksi. "Ini juga karena konsumsi masyarakat yang lebih kecil dari jumlah produksi. Sehingga banyak petani yang menjual beras sampai ke luar Minahasa Tenggara," ujar Muchtar.

Dia juga menuturkan, untuk mencapai target surplus beras tersebut, pihaknya berupaya memperpendek jalur distribusi beras dari petani sampai ke konsumen. "Kami berupaya agar jalur distribusi dari petani ke konsumen tidak terlalu panjang, sehingga kebutuhan beras bagi masyarakat dapat terpenuhi," kata Muchtar. [tar]

Komentar

x