Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 22 Februari 2018 | 20:04 WIB
 

Tahun Ini Ada KUR Khusus Peremajaan Sawit

Oleh : - | Senin, 29 Januari 2018 | 20:27 WIB
Tahun Ini Ada KUR Khusus Peremajaan Sawit
(Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Deputi bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Kemenko Perekonomian, Iskandar Simorangkir memastikan adanya skema kredit usaha rakyat (KUR) khusus pada 2018.

Skema KUR khusus ini bisa dimanfaatkan peremajaan lahan sawit. "KUR khusus ini bisa untuk membiayai peremajaan perkebunan kelapa sawit rakyat," kata Iskandar dalam pernyataannya di Jakarta, Senin (29/1/2018).

Iskandar mengatakan, skema KUR khusus dengan plafon di atas Rp25 juta sampai Rp500 juta untuk setiap individu anggota kelompok ini juga bisa dimanfaatkan untuk pengembangan peternakan rakyat maupun perikanan rakyat.

Kontribusi KUR khusus bagi pengembangan peternakan rakyat antara lain untuk penggemukan ternak, sedangkan bagi perikanan rakyat untuk pembelian kapal bagi nelayan.

Iskandar menjelaskan, KUR khusus ini diberikan kepada kelompok dengan menggunakan mekanisme tanggung renteng, termasuk bagi pengusaha pemula, dan dikelola secara bersama dalam bentuk klaster dengan menggunakan mitra usaha.

Pemberian KUR khusus ini, tambah dia, dilakukan untuk mendukung target penyaluran KUR kepada sektor produksi sebesar 50 persen dari target total penyaluran KUR di 2018 sebesar Rp120 triliun. "Target tersebut merupakan salah satu upaya pemerintah dalam mendukung kebijakan ketahanan pangan dan hilirisasi industri pada sektor UMKM," kata Iskandar.

Iskandar optimistis, target penyaluran KUR di sektor pertanian, kelautan dan perikanan, industri pengolahan, konstruksi dan jasa-jasa ini bisa mencapai sasaran, melihat pencapaian KUR di sektor produksi tahun-tahun sebelumnya.

Pada 2017, penyaluran KUR di sektor produksi bisa mencapai Rp40,9 triliun atau sekitar 42,3% dari realisasi sebesar Rp96,7 triliun. Jumlah ini meningkat 9% dibandingkan pencapaian 2016.

Untuk mendukung penyaluran KUR pada 2018, pemerintah telah menerbitkan Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Nomor 11 Tahun 2017 tentang Pedoman Pelaksanaan KUR dan berlaku efektif mulai 1 Januari 2018. [tar]

Komentar

 
x