Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 16 Agustus 2018 | 23:07 WIB

Harga Beras Premium di Tarakan Naik Rp3.000/KG

Oleh : - | Selasa, 30 Januari 2018 | 07:00 WIB
Harga Beras Premium di Tarakan Naik Rp3.000/KG
(Foto: Inilahcom)

INILAHCOM, Tarakan - Sepanjang pekan terakhir Januari 2018, harga beras jenis premium di Kota Tarakan, Kalimantan Utara mengalami kenaikan sebesar Rp300 per kilogram.

Seorang warga Jalan Mulawarman, Sulistiwati, di Tarakan, Selasa, membenarkan, harga beras naik sejak pekan lalu dari Rp13.000 per kilogram menjadi Rp13.300 per kg.

Namun dia mengakui, kenaikan harga beras itu tidak mempengaruhi daya beli masyarakat karena kenaikannya belum memberatkan bagi masyarakat yang membutuhkan. Hanya saja, menurutnya, tetap perlu diwaspadai apabila kenaikan tersebut memicu kenaikan lebih tinggi lagi.

Sulistiwati mengatakan pula, kenaikan harga beras jenis premuim berlangsung pada seluruh kios dan pasar. Tanpa diketahui alasannya mereka telah menaikkan harga, padahal pasokan mencukupi.

Menanggapi hal ini, Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi, dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Kota Tarakan Tajuddin Tuwo secara terpisah menyatakan, kenaikan harga beras jenis premium tersebut telah diketahuinya dari hasil pantauan yang dilakukannya.

Ia pun menilai, kenaikan itu masih sangat wajar karena belum melampaui harga eceran tertinggi (HET) yang ditetapkan pemerintah. "Kenaikan harga beras ini masih dianggap wajar. Masih di bawah HET yang ditentukan pemerintah," ujar Tajuddin Tuwo.

Untuk menstabilkan harga beras di daerah itu, dia mengaku, telah berkoordinasi dengan Bulog setempat untuk mendistribuskan beras komersial jenis medium dan premium ke pasar dengan harga di bawah pasaran.

Kadis Perdagangan itu mengungkapkan, untuk pengawasan harga kebutuhan pokok telah dibentuk satuan tugas (satgas) pangan yang terdiri sejumlah instansi terkait seperti kepolisian, Dinas Perdagangan, Satpol PP, dan lainnya.

Satgas Pangan ini nantinya melakukan pantauan perkembangan harga, jika menemukan pedagang yang menaikkan harga seenaknya akan langsung ditindak.

Tajuddin mengatakan, satgas ini akan turun ke lapangan melakukan pengecekan apabila mendapatkan laporan dari masyarakat. [tar]

Komentar

x