Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 22 Februari 2018 | 19:59 WIB
 

Tanggul Jebol Dicuekin, Ribuan Ha Sawah Mengering

Oleh : - | Rabu, 31 Januari 2018 | 06:09 WIB
Tanggul Jebol Dicuekin, Ribuan Ha Sawah Mengering
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Karawang - Ribuan hektar (ha) sawah dua kecamatan di Kabupaten Karawang, Jawa Barat, mengalami kekeringan akibat jebolnya tanggul Sungai Cikarangggelam. Sampai sekarang belum diperbaiki.

"Ada sekitar 2.000 hektar sawah di lima desa di Kecamatan Cikampek dan Tirtamulya yang saat ini mengalami kekeringan akibat kerusakan tanggul sungai itu," kata Yusuf Nurwenda, koordinator petani Cikampek, Karawang, Selasa (30/1/2018).

Saat ini, padi yang ditanam petani, sangat membutuhkan air untuk mengoptimalkan pemupukan. Tapi, kondisi sungai mengering akibat tanggul jebol. Parahnya belum diperbaiki. "Tanaman padi kami membutuhkan air. Kalau tidak ada air, kami khawatir akan mengalami gagal panen," katanya.

Ia mengatakan, peristiwa jebol tanggul sungai Cikaranggelam sudah terjadi sejak lama. Tetapi hingga kini belum selesai perbaikannya.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karawang Banuara Nadeak mengatakan sebenarnya pemerintah telah sigap memberikan solusi untuk petani. Diantaranya adalah memberikan bantuan pompanisasi. "Nanti dari BPBD ada delapab pompa, dari Kodim 25 buah dan dari Dinas Pertanian satu buah ompa. Ini akan segera kami kirimkan bantuan," kata dia.

Mengenai perbaikan tanggul, pihak pemerintah akan segera melakukan rapat untuk mengambil langkah secepatnya dalam perbaikan tanggul.

Komentar

 
x