Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 20 Agustus 2018 | 02:34 WIB

Darmin Persiapkan Pekerja di Era Ekonomi Digital

Oleh : Mohammad Fadil Djailani | Rabu, 31 Januari 2018 | 15:30 WIB
Darmin Persiapkan Pekerja di Era Ekonomi Digital
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution hari ini menggelar rapat koordinasi dalam rangka mempersiapkan para pekerja Indonesia untuk bisa berkecimpung dalam era ekonomi digital.

Dalam rapat koordinasi ini, Darmin memanggil Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto dan Menteri Ketenagakerjaan M Hanif Dhakiri.

Ditemui saat datang, Hanif mengatakan kementeriannya memang sedang menyiapkan suatu program pelatihan kerja di sektor digital.

"Ini baru mau dirapatkan, kalau di Kemenaker kita memang memiliki program kejuruan IT, kita sudah punya program ini," kata Hanif saat ditemui di Kantor Kemenko Ekonomi, Rabu (31/1/2018).

Lebih lanjut, Hanif menjelaskan Ada tiga hal yang harus diperhatikan secara serius terkait pembangunan ketenagakerjaan, yaitu kualitas, kuantitas, dan lokasi.

Kualitas berkaitan dengan bagaimana memastikan sumber daya manusia yang sesuai dengan kebutuhan pasar kerja. Sementara itu, kuantitas berkaitan dengan seberapa banyak jumlah orang yang persyaratan untuk masuk ke dunia kerja yang bersaing.

"Pertama kualitas SDM yang intinya harus sesuai dengan kebutuhan pasar kerja industri yang berbasis demand driven lah, kedua kuantitas jumlah harus memadai, ketiga persebarannya harus relatif merata," katanya.

Salah satu upaya yang dilakukan Kemnaker untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan melakukan program 3R (Re-orientasi, Revitalisasi, dan Rebranding) di Balai Latihan Kerja (BLK).

"Melalui Program 3R, BLK akan fokus pada bidang tertentu dan jangkauannya lebih luas. Jadi, tenaga kerja yang lokasinya di pelosok bisa mengikuti pelatihan," kata Hanif. [jin]

Komentar

x