Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 26 Mei 2018 | 13:25 WIB
 

Di Depan Mahasiswa UI, Sri Mulyani Pamer Prestasi

Oleh : M Fadil Djailani | Sabtu, 3 Februari 2018 | 19:08 WIB
Di Depan Mahasiswa UI, Sri Mulyani Pamer Prestasi
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Hari ini (Sabtu, 3/2/2018), Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memberikan orasi ilmiah di depan satusan mahasiswa dalam acara Dies Natalis Ke-68 UI, Depok, Jawa Barat.

Dalam kesempatan ini, Sri Mulyani terkesan sangat percaya diri dengan kondisi perekonomian nasional.

Kata Sri Mulyani, setelah memimpin Kementerian Keuangan sejak 2016, banyak prestasi yang berhasil diraih di sektor perekonomian nasional. Semisal, rating lembaga internasional yang menempatkan Indonesia dalam negara yang layak investasi.

"Kita masuk dalam 20 ekonomi terbesar di G20, dengan investment grade dari tiga lembaga pemeringkat dunia. Raihan pertama sejak krisis ekonomi Indonesia 20 tahun lalu," kata Sri Mulyani.

Ani, sapaan akrabnya, menambahkan, pengaruh perekonomian Indonesia terhadap perekonomian global, melesat cepat. Saat ini berada di urutan kelima dunia setelah China, Amerika Serikat (AS), India dan kelompok Uni Eropa.

Mulyani juga menyebut rating kemudahan berbisnis atau Ease of Doing Businnes (eodb) Indonesia, mengalami lompatan yang cukup tinggi. "Lompatan ranking ease of doing business oleh Indonesia secara cepat dalam waktu tiga tahun terakhir. Pondasi ekonomi kita lebih fleksibel dan berdaya tahan sebagai modal kita," ujar Mulyani.

Kata dia, jika negara mampu mempertahankan bahkan memperbaiki perekonomian hingga 2045, bukan mustahil Indonesia yang berusia 100 tahun, menjadi negara ke-5 dengan perekonomian terbesar.

"52% dari 309 juta jiwa penduduk saat itu adalah usia produktif, 80% adalah kelas menengah, 75% penduduk tinggal di perkotaan. Pendapatan per kapita kita USD29.300 serta 73% kue perekonomian bergeser pada sektor jasa," kata mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia tersebut.[ipe]

Komentar

 
x