Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 19 Februari 2018 | 10:43 WIB
 

Kalau Mau Rajai E-commerce, Ini Syarat Sri Mulyani

Oleh : M Fadil Djailani | Minggu, 4 Februari 2018 | 04:02 WIB
Kalau Mau Rajai E-commerce, Ini Syarat Sri Mulyani
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebut syarat khusus jika Indonesia ingin menjadi 'raja' di industri e-commerce dunia.

Kata dia, untuk menjadi jawara di industri tersebut, Indonesia memiliki peluang yang cukup besar. Modalnya, jumlah penduduk yang cukup besar.

"Indonesia dapat menjadi pemimpin dalam e-commerce dan pengembangan ekonomi digital," kata Sri Mulyani saat memberikan kuliah umum di Universitas Indonesia (UI), Depok, Jawa Barat, Sabtu (3/2/2018).

Namun, kata Sri Mulyani, untuk menjadi pemimpin perdagangan digital (e-commerce), tidaklah semudah membalik tangan. Yakni, ekosistem digital ekonomi harus ditingkatkan. Dengan kata lain, akses kemudahan berinternet bagi masyarakat menjadi syarat mutlak.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu, mengungkapkan, accses to market, tingkat penetrasi internet saat ini baru sedikit di atas 30%. Masih sangat tertinggal ketimbang negara di ASEAN lainnya.

"Ini berarti masih ada sekitar 160 juta rakyat Indonesia yang belum dapat berpartisipasi dalam transformasi digital," katanya.

Sri Mulyani melanjutkan, pemerintah memahami betapa pentingnnya pengembangan perekonomian digital bagi masa depan Indonesia, sehingga terus bekerja memberikan dukungan munculnya inovasi dan pengembangan teknologi untuk mengoptimalkan potensi Indonesia.

"Kita dapat meraih potensi digitalnya dengan melakukan ekspansi atas triple access yaitu akses ke pasar dan orang, akses ke modal dan akses ke talent," kata Sri Mulyani. [ipe]

Komentar

 
x