Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 17 Agustus 2018 | 07:02 WIB

Budayakan Makan Ikan, Tirulah Pemprov Gorontalo

Oleh : - | Senin, 5 Februari 2018 | 18:00 WIB
Budayakan Makan Ikan, Tirulah Pemprov Gorontalo
Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie - (Foto: istimewa)

INILAHCOM, Gorontalo - Tahun ini, Pemprov Gorontalo mengalokasikan adanya subsidi harga ikan bagi warga miskin. Keputusan ini merupakan bagian dari kampanye gemar makan ikan (Gemarikan).

Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie, Senin (5/2/2018), mengatakan, melalui Dinas Kelautan dan Perikanan sudah dianggarkan subsidi ikan murah bagi warga miskin se-Provinsi Gorontalo sebesar Rp2,4 miliar.

Dana itu untuk mensubsidi 8.400 kilogram ikan yang ditaksir cukup untuk 1.800 Kepala Keluarga (KK) miskin. Setiap dua minggu sekali, kata Ruslie, Pemprov Gorontalo menurunkan penjual dengan sepeda motor berkotak pendingin untuk menjual ikan hingga ke pelosok.

Menurutnya, harga ikan akan sangat terjangkau, misalnya ikan tuna yang biasanya dijual Rp40.000-Rp50.000 per kilogram (kg), setelah disubsidi ikan dibanderol Rp10.000 per kg.

Ia mengungkapkan, masyarakat yang jauh dari pantai dan tinggal di lereng lereng gunung susah menikmati ikan. "Makanya kami mengganti sepeda para penjual ikan dengan sepeda motor yang dilengkapi kotak pendingin," imbuhnya.

Ia mengimbau warga untuk terus mengonsumsi ikan segar, terlebih karena Gorontalo penghasil ikan sehingga seharusnya warga mendapatkan sumber protein hewani dengan mudah dan murah.

Sebelumnya, Pemprov Gorontalo menjual ikan murah bagi warga di Kecamatan Randangan, Kabupaten Pohuwato, Jumat (2/2/2018). Masyarakat diajak memasak berbagai makanan dengan bahan ikan. Ada juga pasar ikan murah berupa ikan Layang dan deho 300 kilogram yang dijual Rp10.000 per kg.

Selain itu, pihaknya menjual sembako berupa beras, minyak goreng dan gula pasir dengan harga lebih murah dibanding pasar dan toko. [tar]

Komentar

x