Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 19 Februari 2018 | 10:45 WIB
 

Petani Sawit Bersatu Bentuk Koperasi Samade

Oleh : - | Selasa, 6 Februari 2018 | 01:29 WIB
Petani Sawit Bersatu Bentuk Koperasi Samade
(Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Medan - Pelaku sawit khususnya petani di Indonesia acapkali mendapatkan tekanan dari berbagai pihak. Ini jelas upaya pelemahan.

"Karena itu kita di Asosiasi Sawitku Masa Depanku atau Samade, harus memperkuat Koperasi Samade yang sudah dirintis beberapa waktu lalu. Kan, organisasi dan koperasi organisasi itu ibarat dua sisi mata uang. Saling berdekatan, tak bisa dipisahkan," kata Ketua Koperasi Samade, Teguh Kurniawan dalam rilis kepada wartawan di Medan, Sumatera Utara, Senin (5/2/2018).

Sementara, Pahala Sibuea, salahsatu Ketua DPP Samade mengingatkan, koperasi ini merupakan wadah pemersatu para petani sawit dalam menghadapi berbagai tantangan.

Karena itu, Pahala meminta semua pihak di Samade untuk menguatkan Koperasi Sawitku Masa Depanku.

Indra Muda Pasaribu, Ketua DPW Samade Sumatera Utara, mengatakan senada. Bahwa, seluruh pengurus dan anggota Koperasi Samade tidak mudah putus asa dalam membesarkan koperasi ini.

Kawas Tarigan, Ketua DPW Samade Riau, mengingatkan, pengurus dan anggota koperasi Samade tidak cengeng. "Saya jauh-jauh dari Riau datang ke Medan, membawa sejumlah pengurus. Karena didasari semangat berkoperasi. Kami di Riau, justru sangat semangat mengembangkan koperasi hingga tingkat kabupaten," tegas Kawas.

Sekedar informasi, Samade adalah sebuah asosiasi beranggotakan petani sawit dari seluruh Indonesia. kantor pusatnya di Pekanbaru, Riau dan sudah memiliki pengurus di sejumlah provinsi dan kabupaten. Termasuk di Sumut, Riau, Aceh, Jambi, Kalimantan Barat, dan daerah lainnya.

Asosiasi ini ingin memperjuangkan nasib para petani sawit dalam menghadapi berbagai tantangan dan tekanan di industri perkebunan sawit nasional. [tar]

Komentar

 
x