Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 19 Agustus 2018 | 17:19 WIB

Bantu Petani, Reza Juara MoMo Indonesia Challenge

Oleh : - | Selasa, 6 Februari 2018 | 03:09 WIB
Bantu Petani, Reza Juara MoMo Indonesia Challenge
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Seorang diaspora Indonesia di Belanda, Reza Pramana, memenangkan Mobilizing More (MoMo) Indonesia Challenge 2017 yang digelar Kedutaan Besar Kerajaan Belanda di Jakarta, Kamis (1/2/2018).

Berdasarkan rilis kepada media di Jakarta, Senin (5/2/2018), Reza yang mewakili perusahaan aQysta, memukau panelis dan publik lewat presentasinya. Alhasil, Reza dinyatakan sebagai pemenang dan berhak atas hadiah uang senilai 25.000 Euro.

Lalu apa produk ciptaan Reza? Namanya Barsha Pump, pompa air yang memanfaatkan tenaga air. Alat ini sudah diterapkan di Pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Barsha pump, sangat efektif dan murah untuk membantu para petani di daerah terpencil. Lantaran bisa dioperasikan di sungai tanpa awak dan hanya memerlukan sedikit sekali perawatan. Dengan menggunakan lima (5) Barsha pump, Reza menjelaskan, sebanyak 90 petani Pulau Sumba berhasil meningkatkan hasil tanaman, pendapatan, serta gizi mereka.

"Saya berterima kasih kepada MoMo yang telah memberikan saya kesempatan untuk menjelaskan proyek ramah lingkungan Barsha pump yang membantu para petani di tanah air," kata Reza.

Dirinya mengatakan, hadiah duit senilai 25.000 euro ini, akan digunakan untuk pengembangan Barsha pump serta pelatihan kepada para petani. Sehingga para petani itu tetap bisa menanam meski musim kemarau.
"Kami akan memberikan pelatihan kepada para petani untuk terus bercocok tanam sekalipun di musim kemarau dengan Barsha pump agar pendapatan mereka dapat meningkat," pungkas Reza.

Informasi saja, MoMo Indonesia Challenge 2017 menantang para pengusaha, perusahaan, atau organisasi non-pemerintah di Belanda dan Indonesia, untuk mengajukan proposal inovatif yang ramah lingkungan untuk diterapkan di Indonesia.

Lebih dari 40 proposal yang masuk, terpilih enam finalis. Selanjutnya mereka melakukan mempresentasikan idenya di hadapan panelis dan publik, masing-masing lima menit. [ipe]

Komentar

x