Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 24 Mei 2018 | 11:18 WIB
 

Dalami RUU Jasa Keuangan, DPR Bentuk Panja

Oleh : Indra Hendriana | Rabu, 7 Februari 2018 | 02:29 WIB
Dalami RUU Jasa Keuangan, DPR Bentuk Panja
Anggota Komisi XI DPR, Wilgo Zainar - (Foto: dpr)

INILAHCOM, Jakarta - Komisi XI DPR membentuk panitia kerja (panja) untuk mengkaji RUU Ratifikasi Protokol ke-enam ASEAN Framework Agreement on Services (AFAS), atau RUU Liberalisasi Jasa Keuangan.

"Panja mulai besok sampai Kamis, kami lakukan pendalaman. Kemudian, hari Senin diharapkan sudah pengambilan keputusan," kata Anggota Komisi XI DPR, Wilgo Zainar di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (6/2/2018).

Sebab, kata Politisi Partai Gerindra ini, Komisi XI DPR perlu mendalami lebih dulu usulan ratifikasi protokol ke-enam jasa keuangan. Salah satunya pokok bahasan yang krusian adalah posisi perbankan Indonesia di ASEAN.

"Kami lihat posisi Indonesia, kan seyogyanya berfikir Indonesian First. Artinya ini kepentingan kita, bukan mereka. Nah, itu akan kita dalami," ujar Willgo.

"Kalau dari penjelasan memang seolah-olah ini adalah kepentingan kami. Tapi tadi teman-teman ambil keputusan sehingga kamj dalami dalam panja dua hari," kata Wilgo menambahkan.

Sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, RUU ini sangat urgen. Karena menunjukkan komitmen Indonesia dalam mewujudkan Masyarakat Ekonomi ASEAN.

Selain itu, kata Sri Mulyani, RUU tersebut dianggap mampu mengurangi hambatan guna meningkatkan perdagangan dan investasi jasa keuangan di kawasan ASEAN. Dan, memudahkan implementasi kerja sama sektor jasa keuangan antar negara ASEAN. [ipe]

Komentar

 
x