Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 19 Juni 2018 | 04:11 WIB
 

Pertemuan IMF-WB di Bali Mudah-mudahan Berkah

Oleh : Indra Hendriana | Sabtu, 10 Februari 2018 | 03:29 WIB
Pertemuan IMF-WB di Bali Mudah-mudahan Berkah
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Indonesia bakal menjadi tuan rumah pertemuan Dana Moneter Internasional (IMF) dengan Bank Dunia (World Bank). Acaranya digelar di Nusa Dua, Bali, 8-14 Oktober 2018.

"Forum ini untuk membahas ekonomi secara global dan diskusi soal perkembangan ekonomi negara anggota World Bank, juga untuk mendengarkan apa yang diharapkan oleh masing-masing negara untuk kedepannya," kata Press Secretary External and Corporate Relations World Bank, David M Theis di Jakarta, Jumat (9/2/2018).

David mengatakan, acara tersebut bisa menjadi ajang oleh Indonesia untuk meperkenalkan wajah baru. Utamanya pada peningkatkan daya tahan ekonomi dari shock domestik maupun global.

Pertemuan IMF-WB 2018 ini, akan dihadiri 15.000 delegasi dari 189 negara anggota IMF dan WB. Dengan begitu, dia menyebut hal ini bisa mendorong ekonomi Indonesia yang merata dan berkelanjutan.

Kemudian, kata David, yang menarik dari acara ini adalah, peserta bukan hanya dari lembaga kerja sama ekonomi global dan regional. Tetapi akan dihadiri oleh 700 NGO dari berbagai belahan dunia.

David menyebut, Bali menjadi pilihan karena fasilitas yang dimiliki memenuhi. Kemudian, pemerintah Indonesia juga sudah cukup matang mempersiapkan hal ini. "Jadi Indonesia sudah maju untuk hal tersebut dan tidak perlu mengeluarkan uang untuk bangun infrastruktur. Tahun lalu, kami sudah bertemu dengan Bambang Brodjonegoro (Menteri Perencanaan dan Pembangunan Nasional), khusus membicarakan ini," ujar dia.

Sebelumnya, Menko Kemaritiman Luhut Pandjaitan, menyatakan, pemerintah akan mempercepat perbaikan dan pembangunan infrastruktur sejumlah destinasi wisata potensial di dalam negeri, sebelum menjadi tuan rumah pertemuan Dana Moneter Internasional (IMF) dengan Bank Dunia.

Selain mempercepat pembangunan infrastruktur, Luhut menyatakan pemerintah juga akan memoles sejumlah destinasi wisata agar kian memuaskan para delegasi IMF-WB 2018 yang datang ke Tanah Air, khususnya yang mengunjungi Pulau Dewata.

Dengan adanya acara ini, tarif hotel dan penginapan di bali melonjak tajam, meski acara akan dilakukan pada tahun depan. Sengan begitu, dia mengatakan, tidak ada alasan untuk memindahkan tempat untuk pertemuan ini. [ipe]

Komentar

 
x