Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 19 November 2018 | 17:30 WIB

Tahun Politik

Awas Intrik Saat Pilih Calon Gubernur BI

Oleh : M Fadil Djailani | Minggu, 11 Februari 2018 | 06:01 WIB

Berita Terkait

Awas Intrik Saat Pilih Calon Gubernur BI
(Foto: istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengantongi calon Gubernur Bank Indonesia (BI) untuk diajukan kepada Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Apakah tahun politik mempengaruhi hajatan ini?

Saat ini ada empat calon tersebut adalah Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas, Bambang Brodjonegoro, Mantan Menteri Keuangan Chatib Basri, Gubernur BI yang sekarang menjabat Agus Martowardojo dan Deputi Gubernur BI, Perry Warjiyo.

Pengamat ekonomi dari Institute for Development of Economics and Finance (Indef), Bhima Yudhistira mengatakan pemilihan calon orang nomer satu di BI harus diawasi secara ketat lantaran memasuki tahun politik, apalagi proses fit and proper tes-nya bernuansa politis.

"Karena momentumnya mendekati pemilu yang riskan dimanfaatkan untuk kepentingan pribadi maupun kelompok politik," kata Bhima kepada INILAHCOM Sabtu (10/2/2018).

Dia menilai calon Gubernur BI yang baru diharapkan lebih berani dan inovatif dalam mengambil kebijakan moneter. "Gubernur BI juga perlu dilihat dari sisi integritas dan afiliasi politik," kata Bhima.

Dia mengungkapkan tahun 2018 calon Gubernur BI memiliki tantangan menjaga stabilitas rupiah dan inflasi semakin berat. Apalagi ketidakpastian kebijakan Fed rate dibawah Jerome Powell. "Instabilitas geopolitik di timur tengah, reformasi kebijakan pajak AS, era commodity boom dan proteksionisme AS akan mempengaruhi pergerakan nilai tukar," katanya.

Tak hanya itu, tantangan dalam menjaga inflasi pangan, dan naiknya harga minyak mentah batubara yang menekan administered price juga perlu dijinakkan. "Tugas gubernur BI makin berat," ujarnya. [hid]

Komentar

Embed Widget
x