Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 19 Agustus 2018 | 17:19 WIB

Suksesi BI, DPR Tunggu Jago Jokowi

Oleh : Indra Hendriana | Minggu, 11 Februari 2018 | 18:36 WIB
Suksesi BI, DPR Tunggu Jago Jokowi
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Masa jabatan Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus DW Martowardojo akan berakhir pada Mei 2018. Sejumlah nama pun sudah dikantongi oleh Presiden Joko Widodo.

Meski sudah menyiapkan beberapa nama calon pengganti Agus di BI, namun Presiden Jokowi sekarang ini masih menggodoknya. Presiden pun belum menyerahkan nama itu ke DPR Komisi XI untuk dilakukan uji kelayakan dan kepatuhan atau fit and proper test.

"Kalau (calon) Gubernur (BI) belum masuk suratnya dari Presiden. Tapi masih digodok di presiden karena berakhirnya gubernur BI sekarang ini adalah pada bulan mei 2018," kata anggota Komisi XI DPR Fraksi Partai NasDem, Johnny G. Plate pada INILAHCOM, Minggu (11/2/2018).

Meski belum menerima sejumlah nama itu, politikus Partai NasDem ini mengaku sudah mendengar nama yang menjadi jago Jokowi ke DPR. "Masih beberapa bulan lagi (masa jabatan Gubernur BI berakhir). Menurut informasi yang beredar ada empat tokoh yang bisa sebagai calon Gubernur BI," ujar dia.

Adapun empat nama-nama yang ada adalah, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) Bambang Brodjonegoro, mantan Menteri Keuangan 2013-2014, Muhammad Chatib Basri, Deputi Gubernur BI Perry Warjiyo, dan Agus Martowardojo yang kembali dicalonkan presiden. [hid]

Komentar

x