Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 16 Agustus 2018 | 23:12 WIB

BC Makassar Amankan Jutaan Rokok Ilegal Asal Jatim

Oleh : - | Senin, 12 Februari 2018 | 16:24 WIB
BC Makassar Amankan Jutaan Rokok Ilegal Asal Jatim
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Makassar - Bea Cukai Makassar melakukan penindakan terhadap 672.000 batang rokok ilegal di salah satu kantor ekspedisi di Makassar, Senin (05/02). Rokok tersebut berasal dari daerah Jawa Timur yang diangkut menggunakan kapal laut lokal menuju wilayah Kota Makassar.

"Rokok ilegal tersebut terindikasi dilekati pita cukai palsu sehingga tidak hanya merugikan negara dari sisi keuangan, juga berbahaya bagi kesehatan masyarakat. Rokok ilegal ini sendiri rencananya akan disebarkan di beberapa wilayah Sulawesi Selatan," ujar Kepala Kantor Bea Cukai Makassar, Gusmiadirahman.

Sebagai tindak lanjut dari penindakan tersebut, Gusmiadirrahman menambahkan, Bea Cukai Makassar akan berkoordinasi dengan kantor-kantor pelayanan Bea Cukai lainnya di wilayah Jawa Timur untuk mencari pemilik barang. Sebagian besar rokok ilegal yang telah ditegah akan diusulkan untuk dimusnahkan.

Sepanjang awal 2018 ini, Bea Cukai Makassar telah melakukan 17 kali penindakan terhadap 2.330.000 batang rokok illegal dengan nilai barang yang ditindak mencapai Rp1,6 miliar. Dari kegiatan tersebut Bea Cukai Makassar telah berhasil mencegah kerugian negara kurang lebih Rp1 miliar.

"Penindakan-penindakan tersebut tidak lepas dari peran masyarakat yang memberikan informasi tentang peredaran barang ilegal. Seluruh kegiatan yang dilakukan Bea Cukai Makassar adalah dalam rangka pengawasan dan penegakan hukum untuk melindungi masyarakat dari peredaran barang ilegal serta melindungi hak-hak negara dibidang keuangan," katanya.

Komentar

x