Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 18 Oktober 2018 | 08:56 WIB

Klaim Lindungi Petani, Amran Bentuk Tim Sergap

Oleh : Indra Hendriana | Selasa, 13 Februari 2018 | 01:29 WIB

Berita Terkait

Klaim Lindungi Petani, Amran Bentuk Tim Sergap
Mentan Amran Sulaiman - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Kementerian Pertanian akan membentuk tim serap gabah petani (sergap). Untuk mengawasi dan mengantisipasi harga gabah saat panen yang turun Rp700-Rp1.000/kilogram (kg).

"Makanya kami membentuk tim sergap. Serap gabah petani, apalagi sampai seribu. Kasian petani, itu kami sudah turun ke seluruh Indonesia," kata Mentan Amran Sulaiman di DPR, Jakarta, Senin (12/2/2018).

Dengan begitu, dia meminta agar turunnya harga gabah tak menjadi perdebatan. Sebab, Kementan sudah menyiapkan empat skema untuk menyerap gabah.

"Pertama, diluar kualitas yang kadar air 30 persen. Maksudnya, supaya petani jangan rugi. Kedua, HPP (Harga Pembelian Pemerintah). Ketiga, feksibilitas 10 persen diatas HPP. Keempat, komersil," ujar dia.

Pada dasarnya, kata dia, Kementan melindungi petani. "Jadi intinya petani kita lindungi, kami buat permentan. Jangan biarkan petani jalan sendiri. Tidak boleh," ujar dia.

Amran sebelumnya melaporkan ke Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution akan menjaga harga gabah di tingkat petani tidak jatuh terlalu jauh saat panen padi.

Amran mengatakan pihaknya sudah memantau harga gabah sekaligus meninjau panen padi ke beberapa wilayah di Jawa, seperti Garut, Sukabumi, dan Pati. [ipe]


Komentar

x