Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 18 Juli 2018 | 21:48 WIB
 

CSIS: Agus Marto Tidak Cocok Pimpin BI Lagi

Oleh : Indra Hendriana | Selasa, 13 Februari 2018 | 04:29 WIB
CSIS: Agus Marto Tidak Cocok Pimpin BI Lagi
Agus DW Martowardojo - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Selama menjabat Gubernur bank Indonesia (BI), kebijakan Agus DW Martowardojo dinilai tidak tepat. Jadi, buat apa diusulkan lagi?

Demikian kesimpulan saat berbincang dengan Ekonom dari CSIS, Yose Riza Damuri di Jakarta, Senin (12/2/2018). "(Kinerja Agus Martowarjodo di BI selama ini) Cukup baik. Tetapi memang ada beberapa kebijakan yang kurang sesuai untuk kepentingan kebijakan makro," kata Yose.

Misalnya, ketika Agus harus memilih apakah menyelamatkan stabilitas ekonomi, atau pertumbuhan. Hasilnya, Agus lebih memilih pertumbuhan.
"Padahal fokus BI sebenarnya adalah stabilitas perekonomian, bukan mendorong pertumbuhan. Itu tugas dari pemerintah dengan kebijakan fiskalnya," kata Yose.

Yose menilai, Agus Marto yang pernah menjabat menteri keuangan di era SBY itu, kurang tepat menjabat Gubernur BI. Sebab, tugas pokok BI ini berbeda dengan perbankan atau lembaga keuangan lain yang dikuasai oleh Agus."Pak Agus adalah ahli perbankan, sehingga sebenarnya kurang cocok untuk BI," kata Yose.

Sekedar mengingatkan, empat nama dikhabarkan tengah ditimang Presiden Jokowi untuk diusulkan sebagai calon Gubernur BI ke DPR. Mereka adalah mantan Menteri Keuangan Chatib Basri, mantan Menteri Keuangan yang sekarang menjabat Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro, mantan Deputi Gubernur BI Perry Warjiyo, dan Agus Martowardojo yang saat ini menjabat Gubernur BI.

Kata Ketua Tim Ahli Wakil Presiden, Sofjan Wanandi yang pertama kali menyebut empat nama tersebut, Presiden Jokowi masih mengkaji semuanya. Dalam waktu dekat, bisa saja presiden mengusulkan ke DPR. [ipe]

Komentar

x