Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 25 Mei 2018 | 00:53 WIB
 

Beberapa Titik Api Muncul, Karhutla Diantipasi

Oleh : - | Rabu, 14 Februari 2018 | 20:29 WIB
Beberapa Titik Api Muncul, Karhutla Diantipasi
(Foto: KLHK)

INILAHCOM, Jakarta - Pemadaman Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), di Sumatera dan Kalimantan, terus dilakukan Manggala Agni Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) seiring ditemukannya beberapa titik api.

Di Riau, Manggala Agni Daops Dumai bersama TNI dan masyarakat lakukan pemadaman di Kelurahan Bagan Keladi, Dumai Barat, seluas sekitar 5 hektar pada Selasa (13/2/2018).

Pemadaman bersama juga dilakukan di Kelurahan Tanjung Palas, Kecamatan Dumai, pada areal seluas sekitar 3 ha. Sementara, areal terbakar seluas sekitar 40 Ha di Kelurahan Tanjung Penyembal, Kecamatan Sungai Sembilan, Kota Dumai, juga tidak luput dari pemadaman gabungan oleh Manggala Agni Daops Dumai, bersama Bhabinkamtibmas, Babinsa, MPA, dan personil perusahaan.

"Di Pekanbaru, Manggala Agni bersama BPBD Kota Pekanbaru, POLRI, TNI, dan masyarakat, juga berhasil melakukan pemadaman di Kelurahan Air Hitam, Kecamatan Payung Sekaki, pada lahan seluas sekitar 2 ha," terang Raffles B Panjaitan, Direktur Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan KLHK, Rabu (14/2/2018).

Raffles juga menambahkan, keberhasilan serupa juga dilakukan oleh Manggala Agni Daops Pontianak saat melakukan pemadaman bersama BPBD Kubu Raya, TNI dan POLRI, di Dusun Mulyo Rejo, Desa Limbung, Kecamatan Sei Raya, Kabupaten Kubu Raya, pada lahan seluas sekitar 2,5 ha.

"Respon yang cepat oleh tim di lapangan sangat menentukan keberhasilan pemadaman. Koordinasi lintas pihak juga terus diintensifkan oleh Manggala Agni," tandas Raffles.

Selain itu, sebagai langkah antisipasi Karhutla, Provinsi Riau akan melakukan pertemuan untuk menetapkan status siaga darurat Karhutla. Sementara Bupati Indragiri Hilir, Provinsi Riau, telah menetapkan Status Siaga Darurat Penanganan Bencana Asap Akibat Kebakaran Lahan dan Hutan di Kabupaten Indragiri Hilir, melalui Keputusan Nomor. Kpts. 330/II/HK-2018 tanggal 7 Februari 2018. [*]

Komentar

 
x