Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 23 September 2018 | 12:30 WIB

Rel Pertama KA Trans Sulawesi, Siap Oktober 2018

Rabu, 21 Februari 2018 | 10:00 WIB

Berita Terkait

Rel Pertama KA Trans Sulawesi, Siap Oktober 2018
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Makassar - Pejabat Pembuat Komitmen Pengembangan Perkeretaapian Sulawesi Selatan, Imam Azikin Wijayanto, mengatakan, sepanjang 44 kilometer pertama rel Kereta Api Trans Sulawesi sudah siap beroperasi pada Oktober 2018.

"Semua gabungan pekerjaan kami dari 2015 hingga 2018, sepanjang 44 km akan siap beroperasi pada Oktober," kata Imam yang ditemui di sela peninjauan rel kereta oleh Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo di Barru, Selasa (20/2/2018).

Hingga waktu tersebut, kata dia, selain rel, prasarana penunjang seperti jembatan dan stasiun juga ditargetkan telah rampung agar kereta dapat beroperasi. "Kalau untuk saat ini, progres pekerjaan telah mencapai 77 persen," imbuhnya.

Sementara untuk operasional kereta api secara komersial, ia mengatakan, masih akan menunggu penunjukan operator kereta oleh pemerintah. "Sekarang tengah digodok, apakah akan bekerja sama dengan instansi pemerintah lainnya, swasta, atau investor asing," ucap Imam.

Sejauh ini, kata Imam, untuk pembebasan lahan, khususnya di Kabupaten Barru mencapai 90%. Ada beberapa lahan yang belum terbebaskan, salah satunya pekuburan umum. "Tapi kendala itu, Insha Allah masih bisa diatasi. Contoh untuk lahan kuburan kami sudah koordinasi dengan keluarga yang bersangkutan," jelas Imam.

Sementara, Gubernur Sulsel Syahrul Yasin, menyebutkan, Peprov Sulsel berupaya menggenjot penyelesaian sejumlah proyek, diantaranya KA Trans Sulawesi dan Pelabuhan Garongkong di Kabupaten Barru.

Ke-dua proyek tersebut, menurut Syahrul, sangatlah penting dalam menopang perekonomian Sulsel di masa depan. Dia mengapresiasi kinerja Dirjen perkeretaapian dan Bupati Barru yang ia nilai cukup kompak dan mampu bekerja sama dengan baik. "Terima kasih karena sudah bekerja dengan baik, gubernur hanya bisa memfasilitasi," pungkasnya.

Dalam peninjauan kali ini, Gubernur Sulsel, Bupati Barru dan unsur Muspida mencoba fasilitas kereta inspeksi. Kereta inspeksi ini terdiri atas dua gerbong yang dilengkapi fasilitas ruang rapat, toilet, dapur mini, ruang penumpang yang dilengkapi televisi dan fasilitas audio visual lain. [tar]

Komentar

x