Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 20 April 2018 | 04:15 WIB
 

Freeport Siapkan Digitalisasi Pertambangan, PHK?

Oleh : - | Rabu, 21 Februari 2018 | 16:36 WIB
Freeport Siapkan Digitalisasi Pertambangan, PHK?
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Jakarta - Wakil Direktur Utama PT Freeport Indonesia (PTFI/Freeport), Tony Wenas, mengatakan, digitalisasi sektor pertambangan makin dominan dan berperan penting.

"Contohnya digitalisasi data eksplorasi yang menghasilkan model cadangan dalam tiga dimensi," kata Tony dalam sebuah seminar mengulas ekonomi digital di Jakarta, Rabu (21/2/2018).

Digitalisai sektor pertambangan, kata dia, memainkan peran yang dominan dalam perencanaan penambangan hingga proses pengolahan.

Tony mengungkapkan, penerapan teknologi digital di sektor pertambang terutama membantu mengatasi tantangan penambangan bawah tanah.

"Ke depan kami akan beroperasi di tambang bawah tanah karena tambang terbuka diperkirakan selesai akhir tahun ini," ucap dia.

Tony mengatakan pengoperasian truk berkapasitas 300 ton dilakukan dengan melihat layar komputer untuk mengetahui ke titik mana harus pergi dan berapa jumlah muatan yang harus dibawa.

Truk untuk mengangkut hasil tambang dari bawah tanah dikontrol menggunakan joystick yang dikontrol dari jarak jauh. "Sekarang ini semua sudah digital dan dikelola dari ruang kontrol, namun kami tidak melupakan tatap muka untuk meningkatkan kesadaran keselamatan," kata Tony.

Pesatnya perkembangan teknologi digital, tentu tidak semuanya berbuah manis. Misalnya, bagaimana dengan kebutuhan tenaga kerja yang tergantikan dengan adanya sistem digital? Bagi perusahaan sebesar Freeport, tentunya perlu kebijakan yang cerdas dan berkeadilan. [tar]

Komentar

 
x