Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 23 Oktober 2018 | 07:03 WIB

Dirjen Perkeretaapian:Jalan Layang Sumsel Sisa 10%

Oleh : Indra Hendriana | Kamis, 22 Februari 2018 | 20:50 WIB

Berita Terkait

Dirjen Perkeretaapian:Jalan Layang Sumsel Sisa 10%
(Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Pengerjaan jalan layang Simpang Keramasan dan Simpang Bandara-Tanjung Api Api progressnya 90 %. Diharapkan bisa menunjang Asian Games pada Agustus 2018.

"Untuk LRT Sumatera Selatan saya sampaikan dalam forum ini bahwa untuk pengerjaan struktur layang sendiri hampir keseluruhan sudah selesai," kata Direktur Jenderal Perkeretaapian Zulfikri dalam diskusi bertajuk "penghentian sementara jalan layang" di Kantor Kemenkominfo, Jakarta, Kamis (22/2/2018).

Dengan demikian, lanjut Zulfikri, penghentian sementara proyek jalan layang LRT Palembang bisa dicabut oleh Kementerian PUPR. Sebab, pengerjaan jalan layang itu tinggal finalisasi. "Karena ini sudah selesia struktur layangnya dan dari Kemen PUPR juga sudah sebutkan kriteria mana yang dijadikan moratorium, saya kira LRT Sumsel tidak masuk dalam itu," ujar dia.

Sebelumnya diketahui, Pemerintah memutuskan mengehentikan sementara seluruh pekerjaan proyek infrastruktur yang berada di atas ketinggian (elevated).

Adapun penghentian sementara ini adalah imbas dari kecelakaan proyek infrastruktur yang terus terjadi dalam beberapa waktu terakhir. Terakhir robohnya tiang girder di jalan lahang Tol Becak Kayu.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono menekankan, penghentian sementara ini berlaku juga bagi infrasturktur yang terkait dengan penyelenggaraan Asian Games 2018.

Basuki mengatakan, proyek infrastruktur yang terkait Asian Games 2018 itu antara lain Light Rail Transit (LRT), Mass Rapid Transit (MRT), hingga sejumlah proyek tol dan jalan layang di Jakarta dan Palembang.

Menurut dia, evaluasi proyek-proyek itu bisa selesai dalam satu minggu. Setelah evaluasi selesai, maka pengerjaan proyek bisa dilanjutkan. Ditargetkan proyek-proyek tersebut bisa selesai sebelum Asian Games pada Agustus 2018. "LRT Palembang dan di sini akan kamj utamakan duluan (evaluasinya), karena menjelang Asian Games, MRT juga," kata Basuki. [ipe]


Komentar

x