Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 19 Desember 2018 | 09:44 WIB

Kemanjuan Ekonomi Nasional

Menkeu: Presiden Bisa Pamer ke IMF

Oleh : Indra Hendriana | Selasa, 27 Februari 2018 | 14:47 WIB

Berita Terkait

Menkeu: Presiden Bisa Pamer ke IMF
Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Pemerintah berkesempatan memamerkan pesatnya ekonomi nasional dengan kedatangan Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF), Christine Lagarde dan timnya.

Demikian disampaikan Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati di acara rangkaian Annual Meetings, High Level Conference IMF dan Bank Dunia di Bali pada Oktober 2018 di Jakarta, Selasa (27/2/2018).

"Dan pada kesempatan ini bapak Presiden (Joko Widodo, red) bisa menjelaskan kepada ibu Christine Lagarde dan IMF tentang kemajuan yang kami capai," kata Sri Mulyani.

Selain itu pemerintah, kata dia, juga bisa menyampaikan kepada dunia bahwa Indonesia siap untuk hadapi ekonomi dunia yang saat ini tidak menentu. Caranya, dengan membuat kebijakan atau aturan yang tidak merugikan dalam dan luar negeri, namun tidak disetir oleh pihak mana pun.

"Seluruh penjelasan ini bisa dipakai ibu Christine untuk jelaskan kepada dunia bagiaman indonesia membuat kebijakan secara mandiri untuk menjaga ekonomi Indonesia," ujar dka.

Kemudian, lanjut mantan Direktur Eksekutif Bank Dunia ini, Indonesia juga selalu terbuka bekerjasama dengan seluruh dunia. "Kami tidak takut untuk dilihat, Bahkan kita senang untuk bisa menjelaskan karena kita adalah negara besar. Kkita negara yang tahu apa yang akan kita tuju dan kita memiliki kedaulatan. Untuk bisa mencapai harus dengan police-police yang baik," ujar dia.

"Di sinilah letaknya ibu Christine Lagarde datang ke Indonesia adalah tempat untuk menunjukkan hal itu suatu kerjasama yang mendasarkan rasa menghormati seperti yang diamanatkan oleh pendiri bangsa kita. Kita adalah bagian dari dunia yang menjaga perdamaian berdasarkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia," ujar dia. [hid]

Komentar

x