Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 24 Juni 2018 | 09:53 WIB
 

Bamsoet: Keluarga Harapan & Rastra Turunkan Dhuafa

Oleh : - | Rabu, 28 Februari 2018 | 10:05 WIB
Bamsoet: Keluarga Harapan & Rastra Turunkan Dhuafa
Ketua DPR Bambang Soesatyo - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Kebumen - Ketua DPR Bambang Soesatyo menilai, Program Keluarga Harapan (PKH) dan bantuan sosial Beras Sejahtera (Rastra) efektif menggerus jumlah orang miskin dan ketimpangan sosial.

Bamsoet, sapaan akrab ketua DPR ini, mengemukakan, program Keluarga Harapan mampu membuka akses keluarga miskin terutama ibu hamil dan anak. Dengan program yang saat ini didorong turut menjangkau kaum difabel dan lanjut usia ini, masyarakat dikatakannya dapat memanfaatkan berbagai fasilitas layanan kesehatan dan fasilitas layanan pendidikan yang tersedia di sekitar mereka.

"Manfaat Program Keluarga Harapan juga didorong untuk mencakup penyandang disabilitas dan lanjut usia dengan mempertahankan taraf kesejahteraan sosialnya sesuai dengan amanat konstitusi dan Nawacita Presiden RI," kata Bamsoet di Kebumen, Jawa Tengah, Selasa (27/2/2018).

Sementara program bantuan sosial Rastra yang dipandang transformasi dari Beras untuk Keluarga Miskin (Raskin) diyakini Bamsoet mampu mengurangi kemiskinan dan menjaga laju inflasi. Ia memastikan Beras Sejahtera memiliki kualitas lebih baik dibanding Raskin.

"Saya pastikan Beras Sejahtera yang diberikan tidak seperti program beras Raskin. Beras Sejahtera berkualitas medium dan sangat layak dikonsumsi masyarakat. Pelaksanaan proram Rastra sangat penting, karena naik turunnya angka kemiskinan dan inflasi, jauh lebih besar ditentukan komoditi makanan dibanding non makanan," kata Bamsoet.

Pernyataan Bamsoet disampaikan saat berrsama Menteri Sosial Idrus Marham, menyerahkan bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Soaial Beras Sejahtera (Rastra) kepada masyarakat Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Bantuan sosial Program Keluarga Harapan senilai Rp 140 miliar tersebut diberikan kepada 74.226 penerima manfaat. Sementara bantuan sosial Beras Sejahtera senilai Rp156 miliar diserahkan kepada 118.235 keluarga.

Bamsoet meyakini melalui kedua bantuan sosial ini, taraf hidup masyarakat bisa terangkat menjadi lebih baik. "Program Keluarga Harapan dan bantuan sosial Rastra dimaksudkan untuk membantu mengurangi beban pengeluaran keluarga, sekaligus meningkatkan investasi masa depan melalui peningkatan kualitas kesehatan dan pendidikan anak-anak," papar Bamsoet di hadapan para penerima bantuan sosial Program Keluarga Harapan dan Rastra.

Ia percaya di tahun mendatang, tingkat kemiskinan bisa berkurang drastis, mengingat pemerintah telah menetapkan target penurunan kemiskinan menjadi 7-8% pada tahun 2019, sebagaimana tertuang di dalam RPJMN 2015-2019. Data Badan Pusat Staitistik menunjukan, pada tahun 2016 tingkat kemiskinan mencapai 27,77 juta jiwa. Tahun 2017 turun menjadi 26,58 juta jiwa.

"DPR dan pemerintah juga telah sepakat memperluas jangkauan penerima Program Keluarga Harapan dan Rastra dari 6 juta menjadi 10 juta keluarga," Bamsoet menambahkan.

Dalam kesempatan yang sama mantan Pimpinan KADIN ini menekankan pentingnya penyaluran program Keluarga Harapan dan bantuan sosial Rastra untuk tepat sasaran, tepat jumlah, dan tepat waktu bagi penerimanya. Bamsoet mengultimatum seluruh Camat dan Lurah untuk benar benar memilih penerima bansos secara benar dan tepat sasaran.

"Karena, para camat dan lurah lebih mengetahui warganya yang berhak menerima bansos. Jangan sampai bantuan sosial ini diberikan kepada yang tidak berhak atau tidak tepat sasaran," tegasnya.

Sebaliknya Bamsoet juga berpesan kepada keluarga yang menerima bantuan PKH agar bijaksana dalam memanfaatkan pencairan tunainya. Tak hanya membelanjakan hingga habis, bantuan itu diharapkannya mampu menjadi tabungan untuk keperluan yang akan datang. "Semoga bantuan ini juga bisa mengurangi beban pengeluaran rumah tangga, memenuhi kebutuhan kesehatan dan pendidikan, terutama untuk ibu hamil, balita dan anak usia sekolah," lanjutnya.

Lebih jauh secara khusus Bamsoet mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada Presiden Jokowi yang telah menggulirkan PKH dan Rastra dengan terobosan baru dalam penyaluran menggunakan sistem non tunai. Sistem ini dinilai aman dan memudahkan masyarakat. Sekaligus mendididk masyarakat tidak konsumtif dan belajar menabung.

"Kedua program tersebut menjadi bukti nyata keberpihakan dan kepedulian Presiden Jokowi kepada rakyat Indonesia. Sebagai upaya membangun sistem perlindungan sosial kepada saudara kita yang kurang mampu. Sehingga mereka bisa meningkatkan kualitas hidup melalui perubahan perilaku terhadap pendidikan dan kesehatan, serta mendukung tercapainya kesejahteraan sosial," tukasnya. [tar]

Komentar

 
x