Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 16 Desember 2018 | 14:16 WIB

Inilah Dampak Pelemahan Rupiah

Oleh : Indra Hendriana | Minggu, 4 Maret 2018 | 16:27 WIB

Berita Terkait

Inilah Dampak Pelemahan Rupiah
(Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Jakarta - Nilai tukar rupiah kepada dolar AS terus tertekan dalam sepekan terakhir. Bahkan, sekarang ini sudah sampai Rp13.800 per dolar AS.

Pengamat Ekomoni dari Center of Reform on Economic (CORE), Piter Abdullah menilai pelemahan itu akan berdampak pada pemerintah, dan dapat mengancam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2018.

"Dampaknya ya yang jelas utama ke beban pemerintah juga APBN pasti karena itu terkait dengan asumsi di dalam APBN," kata Piter kepada INILAHCOM, Minggu (4/3/2018).

Sebab, kata dia, kenaikan nilai tukar ini sudah melampaui asumsi APBN 2018. Dalam asumsi APBN 2018 yakni Rp13.400 per dolar AS. Untuk itu, pemerintah membuat langkah-langkah strategis.

"Kalau dia terus naik, bertahan, maka pemerintah harus memikirkan meninjau kembali asumsi-asumsi yang ada di APBN, karena dia akan berdampak kepada defisit," ujar dia.

Bukan hanya menguatnya dolar AS terhadap rupiah, naiknya harga BBM juga ikut mengancam APBN di tahun 2018. "Harga minyaknya itu (minyak mentah, red) bisa mendorong kenaikan harga BBM," ujar dia sembari meminta kepada pemerintah membuat kebijakan yang bisa menguntukngkan dalam negeri. [hid]

Komentar

x