Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 19 Desember 2018 | 09:40 WIB

Kemenperin Dorong Vokasi Industri Demi SDM Mumpuni

Oleh : Indra Hendriana | Senin, 5 Maret 2018 | 12:50 WIB

Berita Terkait

Kemenperin Dorong Vokasi Industri Demi SDM Mumpuni
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto - (Foto: inilahcom)

INILAHCOM, Banten - Pendidikan vokasi yang berorientasi pasar kerja terus didorong Kementerian Perindustrian (Kemenperin). Sebagai wujud pelaksanaan revolusi mental.

"Pembangunan industri nasional tentu memerlikan ketersediaan SDM yang kompeten guna memacu produktivitas dan daya saing. Apalagi, tenaga kerja industri yang dibutuhkan sekarang semakin spesifik," kata Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto di Cilegon, Banten, Senin (5/3/2018).

Airlangga menyampaikannya pada Peluncuran Program Pendidikan vokasi yang Link dan Match antara Industri dengan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) untuk wilayah DKI Jakarta dan Banten dilaksanakan Kementerian Perindustrian bersama PT Krakatau Steel (Persero) Tbk.

Acara ini diresmikan langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Masyarakat dan Perekonomian (PMK) Puan Maharani didampingi Menperin Airlangga serta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy.

Airlangga menjelaskan, peluncuran program pendidikan vokasi menjadi tindak lanjut Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2016 tentang revitalisasi SMK, yang diharapakan agar seluruh SMK di Indonesia ke depannya dapat menghasilkan lulusan yang kompeten dan siap kerja sesuai kebutuhan industri.

"Untuk wilayah DKI Jakarta dan Banten, ada 143 perusahaan industri dan 292 SMK yang akan di l dan cocok-kan Kami memberikan apresiasi karena penuh terus meningkat dan semuanya antusias," ujar dia. [ipe]

Komentar

x