Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 24 Juni 2018 | 04:20 WIB
 

Industri Baja Kecil tak Terganggu Pelemahan Rupiah

Oleh : Indra Hendriana | Senin, 5 Maret 2018 | 19:30 WIB
Industri Baja Kecil tak Terganggu Pelemahan Rupiah
(Foto: Istimewa)

INILAHCOM, Banten - Pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dollar AS belum memengaruhi industri, khususnya yang kelas rendah.

Komisaris Utama, PT Gunung Gahapi Sakti Djamaludin Tanoto, mengatakan, karena industri baja skala kecil bisa memanfaatkan biji besi lokal. "Bahan baku kan bisa dari biji besi. Kan lokal juga ada ya kita usahakan sebisa mungkin biji besi lokal," kata Djamaludin di Cilegon, Banten, Senin (5/3/2018).

Menurut dia, yang ikut terpengaruh dengan plemahan rupiah ini adalah industri baja dalam skala besar. Sebab mereka musti mengimpor atau mendatangkan bahan baku dari luar negeri.

"Biji besi Australia apa itu biasanya dapur besar, dapur besar itu memang harus impor juga lebih bagus. Kalau dapur kecil dibawah 1000 boleh lokal," kata dia.

Diketahui, nilai tukar rupiah terancam semakin melemah dengan kebijakan moneter luar negeri Amerika Serikat yang ingin menaikkan suku bunga acuan. Nilai tukar rupiah berada di level Rp13.746 terhadap US$. Semula suku bunga AS pada 2015 berada di kisaran 0-0,25%. Saat ini, sudah sampai di kisaran 1,25-1,5%. [ipe]


Komentar

 
Embed Widget

x